Cara Membuat Pohon Mangga Cepat Berbuah

Cara Membuat Pohon Mangga Cepat Berbuah

0
SHARE

KABARTANI.COM-Buah mangga menjadi buah favorit yang sangat digemari selain rasanya yang manis buah mangga juga banyak mengandung manfaat yang sangat besar untuk kesehatan.

tanaman mangga adalah tanaman yang mudah perawatanya sehingga tidak memerlukan perawatan yang intensiv. tanaman ini tergolong mudah hidup.

beberapa jenis buah mangga yang sering kita jumpai diantaranya mangga harum manis, mangga apel, mangga indramayu, mangga madu,mangga manalagi, mangga golek, mangga kueni, mangga semar dan lain sebagainya.

Buah mangga yang waktu masih mentah rasanya cenderung asam tetapi kalo sudah matang rasa asam tersebut berubah menjadi manis. mengingat banyak manfaat buah mangga untuk kesehatan sehingga membuat buah mangga ini banyak diminati, berikut beberapa manfaat buah mangga untuk kesehatan :

1. Menurunkan kolesterol
2. mencegah radikal bebas
3. mencegah kanker
4. melancarkan pencernaan
5. sumber vitamin C
6. meredakan flu, dll

dengan adanya manfaat tersebut maka budidaya buah mangga sangatlah diminati, berikut 2 cara agar buah mangga yang kita pelihara cepat berbuah :

Cara Yang Pertama :

1. Pembibitan

jika anda ingin buah mangga yang anda budidaya cepat berbuah sebaiknya anda pilih bibit mangga dari hasil cangkokan. karena bibit dari cangkok akan cepat berbuah dibanding bibit yang dari biji. tipsnya pilih bibit cangkokan yang sehat yang diambil dari pohon mangga yang memiliki kuwalitas buah yang baik, pilihlah pohon mangga yang mau dicangkok yang memiliki batang yang tegak, terlihat subur dan tidak memiliki batang yang banyak.

2. Penanaman bibit cangkokan

bibit mangga yang telah kita peroleh dari hasil cangkokan sebaiknya jangan langsung ditanam ketanah lapang, sebaiknya terlebih dahulu bibit ditanam pada polybag yang sudah diisi dengan media tanam seperti campuran tanah dan pupuk kandang, biarkan bibit cangkokan agar tumbuh dalam polybag kurang lebih selama satu bulan.

3. Menyiapkan lahan tanam

Lahan tanam yang akan digunakan untuk menanam bibit mangga dari polybag sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu dari gulma dan rumput liar. apabila bibit sudah siap dipindahkan dari polybag ke tanah yang digunakan sebagai tempat untuk budidaya buah mangga maka gali tanah tersebut sedalam kurang lebih 30 cm, kemudian masukkan bibit mangga tersebut buang plastik polybagnya dan timbun dengan campuran tanah dan pupuk kandang.

4. pengairan

lakukan penyiraman dua kali sehari pagi dan sore hari pada musim kemarau, sedangkan untuk musim penghujan tidak perlu melakukan penyiraman.

5. pemupukan

untuk pemupukan sebaiknya anda gunakan pupuk kandang dan hindari penggunaan pupuk kimia.

Cara Yang Kedua :

Buat sayatan dengan lebar sekitar 2 cm pada batang pohon mangga dengan melingkar. hal ini bertujuan agar dapat mengeluarkan getah pohon mangga sebanyak mungkin. cara ini hampir mirip dengan mencangkok. setelah itu kupas batang tersebut dengan jarak 5 cm diatas permukaan tanah dan buat juga kubangan melingkar di sekitar pohon dengan diameter sekitar 1 meter yang digunakan untuk menampung air, setelah dua hari sayatan tersebut timbunlah dengan tanah. Cara demikian dipercaya membuat mangga cepat berbuah.

Demikianlah Cara agar pohon mangga yang kita budidaya cepat berbuah.semoga bermanfaat