Cara Membuat Pot Organik Berbahan Dasar Jerami

    Cara Membuat Pot Organik Berbahan Dasar Jerami

    0
    SHARE
    Mahasiswa UNY Ciptakan Pot Organik Berbahan Dasar Limbah Jerami-Kabartani.com

    KABARTANI.com, Dalam berkebun pastinya sobat tani memerlukan pot sebagai media tanam sementara, namun penggunaan pot plastik yang berlebihan menghasilkan limbah plastik yang banyak pula. Terlebih lagi limbah plastik merupakan bahan yang sulit terurai pada tanah.

    Mengatasi permasalahan tersebut, ada sekelompok mahasiswa dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berkreasi menciptakan pot organik berbahan dasar limbah jerami. Hebatnya, karya mahasiswa UNY tersebut berhasil meraih dana dari Kemristekdikti dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Penelitian 2016.

    Kenapa jerami dipilih? karena kandungan selulosa yang tinggi pada jerami menjadikannya berpotensi sebagai bahan baku pembuatan pot biodegradable. Tak hanya itu saja, jerami juga mengandung bahan organik yang berperan penting dalam merekatkan butiran tanah primer menjadi butiran tanah sekunder untuk membentuk agregat tanah yang mantap.

    Dalam pembuatan por organik dari limbah jerami ini juga diberi tambahan daun lamtoro dan pupuk kandang. Lalu bagaimana cara pembuatannya? simak langkah-langkahnya berikut ini:

    Tahap Pertama

    Pada tahap ini terlebh dahulu kita buat bubur jerami dan bubur daun lamtoro, untuk pembuatan bubur dari jerami caranya sebagai berikut:

    • Siapkan jerami sekitar 3 kg atau sesuai kebutuhan anda, kemudian dicuci menggunakan air, kemudian dipotong menjadi ukuran kecil dan dimasukkan ke dalam blender.
    • Tambahkan aquades secukupnya dan 15 gram NaOH dan diblender kembali hingga halus.
    • Bubur jerami yang telah jadi ditiriskan untuk menghilangkan kandungan airnya.

    Sedangkan untuk membuat bubur daun lamtoro caranya sebagai berikut:

    • Siapkan 1,5 ons daun lamtoro yang telah dicuci bersih kemudian haluskan dengan cara ditumbuk menggunakan lumpang.

    Tahap Kedua

    • Pada tahap kedua ini, selanjutnya adalah mencampur bubur jerami sebanyak 1 kg dengan 5 gram kanji, 25 gram bubur daun lamtoro dan 75 gram pupuk kandang kering. Adapun perbandingan daun lamtoro dan pupuk kandang bisa 50 gram : 50 gram atau 75 gram : 25 gram.
    • Aduk campuran hingga tercampur rata
    • Kemudian cetak adonan pot biodegradable dengan alat press.
    • Kemudian keringkan diterik sinar matahari

    Pot ini diharapkan dapat bermanfaat untuk meningkatkan nilai ekonomis limbah jerami dan sebagai alternatif wadah semai yang ramah lingkungan sehingga mengurangi pencemaran lingkungan yang ditimbulkan dari penumpukan limbah plastik polybag.

    Bagaimana sobat tani? cukup mudah bukan? silahkan anda memprakterkkan sendiri dirumah tentang cara membuat pot organik dari limbah jerami. Semoga informasi ini bermanfaat bagi sobat tani sekalian, terima kasih.