Cara Membuat Tanaman Cabai Tumbuh Tinggi 2 Meter

Cara Membuat Tanaman Cabai Tumbuh Tinggi 2 Meter

0
SHARE

KABARTANI.com, Salam sejahtera untuk sobat tani semua, semoga hasil panennya terus meningkat dan berkah ya. Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas pertanyaan dari Bapak Munawar (Malang) yang masuk ke redaksi kabartani tentang bagaimana agar tanaman cabai dapat mencapai tinggi 2 meter.

Memang dalam hal menanam yang kita harapkan hasil panen yang melimpah, namun hasil yang optimal tergantung dari pertumbuhan tanamannya juga. Misal, tanaman cabai yang tinggi sehat dan rindang akan memproduksi buah yang banyak.

Berikut kami berikan tips agar tanaman cabai tumbuh tinggi dan subur.

1. Tanaman tinggi bisa didapatkan dengan memperbanyak asupan Nitrogen pada bulan pertama setelah masa tanam. Asupan Nitrogen dapat diperoleh dari pupuk Za (untuk kimia) atau dengan tepung ikan/pupuk kandang (untuk organik). Namun jangan sampai lupa untuk melakukan penyemprotan terlebih dulu dengan POC (Pupuk Organik Cair) ke bedengan sebelum ditutupi dengan plastik mulsa. Untuk memperoleh POC anda bisa membelinya di toko-toko pertanian atau anda bisa membuatnya sendiri dengan memanfaatkan limbah, seperti artikel berikut ini:

Jika anda memutuskan untuk membeli POC di toko pertanian, pastikan anda mengetahui Ciri-Ciri Pupuk Organik Cair Yang Bagus.

2. Memperbanyak asupan kalium dan fosfat pada bulan kedua dan seterusnya. Kalium berperan untuk meningkatkan proses fotosintesis, agar pertumbuhan cabai akan lebih intens. Sedangkan fosfat berfungsi untuk mempercepat pembuahan cabai. Kalium dan Fosfat bisa didapat dari KCL (Kalium kimia) + SP36 (Fosfat Kimia) atau pemberian tepung tulang/tepung bulu sebagai solusi organiknya, pada saat pemupukan susulan.

3. Jangan lupa untuk memberikan rangsangan hormon dari POC lebih sering, agar tanaman terangsang tumbuh tinggi dan buahnya terangsang lebat.

4. Sebagai antisipasi tanaman cabai dari serangan patek dan layu fusarium, pastikan aplikasikan juga ramuan khusus seperti NOPATEK dengan dosis sesuai dengan petunjuk pada label kemasan.

Cara Membuat Tanaman Cabai Tumbuh Tinggi 2 Meter-KabartaniJika langkang-langkah tersebut diterapkan, disertai dengan pemupukan dan perawatan yang baik, seperti rajin membersihkan sampah daun yang jatuh pada bedengan dan juga rumput yang tumbuh disekitaran bedengan, segera mengganti tanaman yang kurang sehat. Maka tanaman cabai akan mampu tumbuh tinggi dan mengahasilkan cabai yang melimpah.

Itulah informasi Cara Membuat Tanaman Cabai Tumbuh Tinggi 2 Meter. Terima kasih sobat tani atas kunjungannya. Jika informasi ini bermanfaat untuk bagi sobat tani jangan sungkan ya untuk men-share di Facebook atau Twitter. Ditunggu pula partisipasi sobat semua untuk mengisi komentar di bawah.

SHARE
Saya adalah orang yang tertarik pada dunia teknologi dan pertanian, dengan mengolaborasikan keduanya menjadikan sesuatu yang sangat menarik bagi saya.