Cara Membuat Tanaman Cabe Yang Masih Muda Agar Cepat Berbuah

Cara Membuat Tanaman Cabe Yang Masih Muda Agar Cepat Berbuah

0
SHARE

KABARTANI.com – Cara Membuat Tanaman cabe yang masih muda agar bisa berbuah dengan cepat, pasti masih pada penasaran dengan cara ini. Cara ini sudah diujicobakan dan hasilnya tanaman cabe yang masih muda bisa berbuah lebih cepat dibandingkan dengan cabe yang hidup.

Kebutuhan akan cabe sudah seperti kebutuhan pokok, kegunaan cabe sebagai bumbu pelengkap masakan makanan sudah tak asing lagi.

Tips Agar tanaman Cabe Yang Masih Muda dapat berbuah dengan cepat.

  • BERIKAN MIKROBA PENYUBUR.

Berbagai jenis mikroorganisme penyubur tanah yang terdapat dialam, seperti Azotobacter sp., Rhizobium, Penicillium, Bacillus, dll.

Mahluk-mahluk super kecil ini menyuburkan tanah dengan cara mengaktifkan potensi-potensi mineral tanah yang tersembunyi dan tidak berfungsi.

Mereka bekerja dengan caranya sendiri dan hebatnya bisa mengembalikan kondisi tanah dalam waktu yang relatif singkat.

  • BERIKAN RANGSANGAN HORMON Atau ZPT

Ada ratusan hormon atau zat pengatur tumbuh (ZPT) untuk tumbuhan, baik yang dihasilkan alami oleh tumbuhan sendiri maupun yang dihasilkan oleh organisme non-tumbuhan, atau yang dibuat secara sintetis oleh manusia. sebagian dari hormon ini ada yang berperan mendorong produksi bunga dan buah.

  • TINGKATKAN POTASSIUM Atau KALIUM (K).

Unsur ini sangat dominan dalam pembentukan buah cabai,Tanaman cabai cukup rakus melahap Kalium terutama pada saat buah cabai sedang membesar.

  • TINGKATKAN FOSFOR (P).

pada fase pembentukan bunga dan buah kita harus menggenjot asupan fosfor (P). Fosfor penting untuk pembentukan buah cabai, karena ia berperan membawa air ke sel-sel sehingga buah dapat berkembang. Fosfor juga penting untuk fotosintesis, respirasi dan sintesa protein.

  • TURUNKAN NITROGEN (N).

Saat tanaman mulai belajar berbunga, maka pemberian pupuk yang mengandung NITROGEN harus mulai dikurangi,secara bertahap. Nitrogen hanya membuat tanaman kita rajin berdaun saja, malas berbuah. sebaiknya penurunan kadar Nitrogen dilakukan pada cabe yang berusia 5 atau 6 minggu setelah tanam, karena pada usia ini tanaman cabe sudah mulai berbunga.