Cara Membuat Tanaman Kelengkeng Berbuah Sepanjang Tahun

Cara Membuat Tanaman Kelengkeng Berbuah Sepanjang Tahun

1
SHARE

KABARTANI.COM-Buah kelengkeng merupakan buah yang menjadi primadona bagi para penikmat buah.  Tak heran setiap kali memasuki musim berbuah, banyak orang yang menjual buah kelengkeng ini.

Harga yang lumayan mahal serta banyak disukai membuat banyak orang berusaha menanam dan membudidayakan buah ini. Sayangnya seperti kebanyakan buah di daerah tropis buah kelengkeng ini juga termasuk buah musiman dan tidak setiap saat mampu berbunga dan berbuah.

Namun sekarang seiring dengan majunya tehnologi pertanian dengan tehnik off-season tanaman kelengkeng dapat dibungakan setiap saat.  Berikut ini cara off-season tanaman kelengkeng.

Tanaman Kelengkeng (Dimocarpus Longan) adalah tanaman dataran tinggi yang memerlukan suhu rendah, di dataran rendah yang memiliki suhu panas tanaman ini tetap bisa tumbuh akan tetapi sulit berbuah atau mandul.

Akan tetapi pada tahun 2000 ditemukan varietas kelengkeng yang bernama Diamond River, tanaman kelengkeng ini cocok ditanam di daerah dataran rendah yang memilki suhu panas, dan sekarang sudah semakin berkembang di Indonesia.

Membungakan Kelengkeng Di Luar Musim:

Pada tahun 1998 oleh para ahli ditemukan cara induksi pembungaan tanaman kelengkeng dengan aplikasi KCl03.  Dimana pengaplikasiannya dilakukan dengan 3 cara yaitu penyuntikan batang, penyemprotan dan penaburan ketanah. Untuk lebih jelasnya berikut table dosis dan cara aplikasinya.

No Cara Aplikasi KCl03 Dosis KCl03
1 Injeksi Batang 0,25 gram/cm
2 Disemprotkan ke Daun 2 gram/liter
3 Ditabur ke tanah 1-8 gram/m²

Dalam aplikasi KCl03 ini tiap varietas tanaman kelengkeng memiliki daya respon yang berbeda-beda, misal jenis Sri Chompo lebih responsive dibanding dengan varietas jenis Edaw. Sri Chompo hanya memerlukan 1 gram KCl03/m² untuk proses pembungaan sedang varietas Edaw memerlukan dosis 4 gram KCl03/m².

Catatan: Aplikasi KCl03 terbaik adalah saat tanaman sudah berdaun tua antara 40-45 hari, apabila pengaplikasian KCl03 ini diberikan saat tanaman berdaun muda (kurang dari 10 hari) maka proses pembungaan tidak akan terjadi.

Dengan pengaplikasian yang benar seperti yang telah dilakukan di Negara Thailand Tanaman kelengkeng yang telah diberikan KCl03 yang ditabur di tanah akan muncul bunga setelah 21-24 hari, kemudian  bunga akan mekar setelah 25-30 hari. 17-21 hari setelah bunga mekar buah akan mulai terbentuk dan dan akan masak dan siap panen 30-34 hari berikutnya. Atau dari proses pembungaan sampai panen memerlukan waktu 80-85 hari.

Setelah panen Pohon dapat diinduksi kembali menggunakan KCl03 setelah 72 hari. Apabila induksi dilakukan kurang dari waktu itu maka panjang malai yang dihasilkan tidak akan maksimal.

Dari hasil percobaan di Hawaii Varietas Kohala, Sri Chompoo, Biew Kiew, dan E-wei dapat berbunga serentak setelah 2 bulan perlakuan KCl03.