Cara Merawat Tanaman Mangga Agar Berbuah Manis

Cara Merawat Tanaman Mangga Agar Berbuah Manis

0
SHARE

KABARTANI.COM-Buah mangga merupakan buah favorit yang ada di Indonesia, tidak heran banyak orang yang menanam mangga baik itu di halaman rumah, atau di kebun. Rasanya yang manis dan segar menjadikan buah mangga banyak digandrungi orang. Tapi bagaimana kalau tanaman mangga yang kita tanam menghasilkan buah mangga yang masam?

Kali ini akan saya ulas mengenai apa yang menyebabkan tanaman mangga berbuah masam dan cara mengatasinya.

Penyebab Buah Mangga Masam Atau Manis:

Rasa manis atau masam pada buah mangga disebabkan oleh perbandingan antara kadar gula dengan kadar asam. Biala kadar gula yang terkandung dalam buah mangga lebih tinggi, buah mangga kan memiliki rasa manis. Dan apabila kandungan asamnya yang lebih tinggi buah mangga akan memiliki rasa asam.

Di dalam buah mangga memiliki kandungan air, lemak, protein, karbohidrat, vitamin, mineral dan serat. Selain itu buah mangga juga mengandung zat asam dan tannin, dimana zat asam tersebut meliputi asam malat, asam sitrat, malonat dan asam oksalat.

Pada buah mangga yang masih muda banyak mengandung asam dan tannin sehingga rasanya masam, akan tetapi zat tersebut akan semakin berkurang saat buah semakin tua dan zat gula akan semakin naik.

Faktor yang mempengaruhi tingkat kemanisan buah mangga:

  • Faktor Genetik

Apabila tanaman induk mangga memiiki rasa manis maka otomatis keturunan mangga yang dihasilkan juga akan memiliki rasa manis pula.

  • Faktor Pemeliharaan Dan Perawatan

Pemupukan merupakan factor utama yang mempengaruhi rasa buah mangga, dengan tercukupinya kebutuhan akan zat hara dan mineral lainya tanaman mangga juga akan menghasilkan buah yang berkualitas baik dalam segiukuran maupun rasa.

  • Iklim Dan Tanah

Tanaman mangga sangat cocok hidup di tanah alluvial, grumosol dan andasol, sehingga apabila tanaman mangga ditanam di jenis tanah tersebut dan cukup akan hara dan cahaya matahari maka proses fotosintesis akan lancar dan menghasilkan karbohidrat dan gula yang banyak , sehingga buah mangga yang dihasilkan memiliki rasa manis.

  • Faktor Umur Petik Buah

Semakin tua umur buah mangga maka kandungan asamnya semakin berkurang dan kandungan gulanya semakin meningkat, sehingga pemetikan buah saat berumur tua buah mangga akan mempunya rasa manis, sedangkan buah mangga yang dipetik saat masih usia muda kandungan asamnya masih tinggi, buah mangga juga akan terasa masam.

Cara Agar Tanaman Mangga Berbuah Manis Manis:

  • Penggunaan Kultivar Unggul

Hal utama yang harus dilakukan adalah menggunakan kulvitar yang memiliki genetic manis sehingga buah mangga yang dihasilkan akan manis pula.

  • Penanaman Di Tanah Subur

Dengan menanam tanaman mangga di tanah yang subur maka tanaman mangga dapat tumbuh sehat dan maksimal, serta proses fotosintesis dan pembuahanya akan optimal.

  • Memperhatikan agroklimat

Agroklimat adalah tingkat kecocokan danke-sesuaian tanaman terhadap lingkungan hidupnya berupa kese-suaian lahan (jenis tanah, kesuburan, kemasaman, ketinggian tempat, aerasi, kandungan air, dll), suhu, curah hujan, angin, sinar matahari dsb.

Diamana tanaman mangga ini sangat cocok pada daerah dengan ketinggian 0 –  200 m dari permukaan laut, tipe iklim A (8-12 bulan basah),  B (7 –8 bulan basah),  C (5 – 6 bulan basah) dan D (3 – 4 bulan basah), permukaan air tanah 50 – 150 cm, suhu udara 25 – 28  º C, pH tanah 5,5 – 6,5.

  • Pemupukan berimbang

Para petani untuk menghasilkan mangga yang memiliki buah dengan rasa manis akan melakukan pemupukan dengan dosis sebagai berikut:

  1. Bagi tanaman yang belum menghasilkan : pupuk kandang 10 kg, Urea 50 gram, TSP 50 gram dan KCl 100 gram per pohon per tahun.
  2. Bagi tanaman yang sudah menghasilkan : pupuk kandang  50 kg, urea 0,5 kg, TSP 1,5 kg dan KCl 1,5 kg per pohon per tahun.

Selain pupuk makro juga perlu menambahkan pupuk mikro yang biasa terkandung dalam pupuk daun, bahkan ada beberapa petani yang meng-gunakan hormon yang mengatur saat pembungaan

  • Pemanenan tepat Waktu

Pemenenan hendaknya dilakukan saat buah mangga sudah tua karena tingkat kandungan gulanya sudah tinggi, dan kandungan asamnya semakin berkurang sehingga rasa buah mangga akan manis.