Cara Membuat Tanaman Tomat Cepat Berbuah Dengan Lebat

Cara Membuat Tanaman Tomat Cepat Berbuah Dengan Lebat

0
SHARE

KABARTANI.COM-Cara membuat tanaman tomat cepat berbuah dengan lebat, tanam tomat termasuk dalam kategori buah – buahan dan sayur – sayuran, tomat banyak dibudidaya karena tomat banyak mengandung vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh kita.

Langkah – langkah Budidaya tanaman tomat

1. Menyiapkan Benih, pilih benih tomat dari tomat yang berkwalitas unggul.siapkan tempat untuk penyemaian benih, kemudian tanam benih pada persemaian.

2. Siapkan lahan yang akan dipakai untuk budidaya tomat, terlebih dahulu lahan dibersihkan dari gulma dan rumput liar.

3. Olah tanah dengan menggunakan cangkul, setelah tanah diolah berikan pupuk kompos yang nantinya pupuk tersebut untuk nutrisi tumbuh kembang tanaman tomat.

4. Buat bedengan setinggi 20 – 30 cm, per alur bedengan.

5. Lakukan penanaman benih, dengan cara ambil benih tomat dari penyemaian dan tanamlah pada bedengan yang telah
disiapkan kemudian atur jarak tanam antar benih.

6. Untuk Pengairan berikan pengairan yang cukup dan jangan berlebihan.

7. Setelah tomat tumbuh selama 1 minggu berikan pupuk tambahan untuk nutrisi tumbuh kembang tanaman tomat tersebut, dengan memperhatikan dosis pemakaian.

8. Lakukan perawatan, bersihkan rumput liar dan gulma tanaman, karena hal tersebut berpengaruh dalam pemenuhan nutrisi tanaman, karena nutrisi yang seharusnya untuk tanaman tomat, dan harus terserap oleh rumput liar dan gulma tanaman tersebut.

9. Lakukan pengendalian hama dan penyakit, apabila ada hama dan penyakit yang menyerang maka semprotlah dengan insektisida sesuai dengan dosis pemakaian.

10. Tahap pemanenan, dalam satu tanaman tomat terkadang buah tomat tidak matang secara bersamaan maka untuk memanennya  terlebih dahulu petiklah buah tomat yang sudah matang, dan biarkan yang belum matang.

Demikianlah langkah Cara membuat tanaman tomat agar berbuah dengan cepat dan lebat. yang sedikit ini semoga dapat menambah manfaat.