Cara Membuat Website Sendiri dengan DomaiNesia

    Cara Membuat Website Sendiri dengan DomaiNesia

    0
    SHARE

    Kabartani.com – Bagaimana cara membuat website? Membuat website itu mudah. Kini kamu bisa membuat website sendiri dengan Domainesia. Bagaimana caranya? berikut akan saya ulas sedetail mungkin.

    Kamu yang sedang membaca artikel ini, mungkin sedang ingin atau berencana membuat website sendiri. Kamu beruntung menemukan artikel ini, karena saya akan berbagi pengalaman dalam membuat website profesional. Salah satu yang akan saya bahas yakni pengalaman saya dalam mengembangkan situs kabartani.com di domainesia.

    Website Kabartani.com sendiri merupakan portal informasi yang khusus menyajikan informasi di bidang pertanian, perkebunan, perikanan, dan peternakan di Indonesia. Awalnya, situs ini dibuat hanya sekadar untuk berbagi informasi di dunia pertanian, khususnya hidroponik. Saya yang hanya lulusan SMK pertanian, bersama kedua teman saya yang hobi menulis, akhirnya memutuskan untuk membuat website sendiri, sebagai media dokumentasi dan sharing.

    Seiring berjalannya waktu, tak terasa menginjak usia 3 bulan Kabartani.com mendapat respon yang posisif dari masyarakat. Dari situlah kami berkomitmen untuk terus mengembangkan website dengan mengajak beberapa orang yang kompeten dibidang pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan untuk bergabung dan berbagi pengalaman.

    Walaupun saat ini baru berusia 8 bulan, kabartani sudah menjadi salah satu website pertanian yang menjadi sumber referensi bagi banyak petani di Indonesia. Saat ini kami tengah mengembangkan Kabartani dengan menambahkan fitur jual-beli, yang nantinya dapat digunakan petani untuk memasarkan hasil pertaniannya langsung kepada konsumen. Tentu hal ini nantinya akan sangat menguntungkan bagi para petani.

    Itulah sedikit cerita mengenai pengembangan situs kabartani bersama DomaiNesia, lalu bagaimana situs kabartani dibuat? Sebenarnya, dalam membuat website itu tak perlu harus menguasai bahasa pemrograman, kamu yang tak mempunyai kompeten dibidang pemrograman pun bisa membuat website sendiri. Lalu pertanyaan yang mungkin ada di benak kalian, jika membuat website itu mudah, bagaimana caranya?

    Mudahnya Membuat Website Sendiri

    Sekarang sudah banyak sekali CMS (Content Management System) yang mempermudah kita dalam membuat website. Untuk membuat website berita, galeri foto, profil, blog atau website sosia, kamu bisa menggunakan WordPress atau Joomla, cms lokal buatan anak bangsa juga ada salah satu satunya yaitu PopojiCMS, FiyoCMS, CMSID dan Elybin CMS.

    Untuk kamu yang mempunyai bisnis jual beli, bisa membuat website e-commerce dengan menggunakan cms PrestaShop, AbanteCart atau WordPress juga bisa. Sedangkan untuk membuat website forum diskusi kamu bisa menggunakan cms phpBB, SMF, Vanilla, Moodle dan lain sebagainya.

    Salah satu yang menjadi favorit saya yaitu cms wordpress, karena menurut saya wordpress merupakan cms paling powerfull dan sudah memiliki banyak sekali dukungan plugin-plugin berkualitas.

    Setelah kamu menentukan website apa yang ingin dibuat, selanjutnya tentukan cms yang akan kamu gunakan. Setelah itu semua sudah kamu tentukan, langkah terakhir yang tak kalah penting yaitu menentukan domain dan hosting.

    Apa itu Domain dan Hosting?

    Domain itu sendiri merupakan nama yang akan kamu gunakan pada website yang kamu buat. Sedangkan Hosting adalah suatu space atau tempat di internet yang kita gunakan untuk menyimpan data-data situs kita. Beruntung kini ada DomaiNesia yang merupakan penyedia layanan hosting dan domain di Indonesia yang sudah terbukti handal dan bagus dalam layanannya.

    Apa kelebihan web hosting DomaiNesia?

    DomaiNesia mengimplementasikan penyimpanan SSD untuk akses super cepat dan stabil, dukungan jaringan 1 Gbps pada servernya, serta integrasi berbagai layanan premium.

    Fitur-fitur Domainesia

    fitur-domainesiaSelain itu ada juga fitur cloud backup, CloudFlare, SSL gratis dan fitur lainnya yang bisa kamu dapatkan.

    Paket Hosting Domainesia

    paket-hosting-domainesia

    Domainesia sudah menawarkan beberapa paket terbaiknya bagi kalian semua, diantaranya yaitu paket “Lite” dan “Extra” cocok untuk kamu yang pemula yang ingin membuat website pribadi, e-mail pribadi, atau blog sederhana dengan kisaran 400-800 visitor/hari. Lalu ada paket “Super” dan “Monster” cocok untuk website yang memiliki banyak pengunjung, toko online, web sekolah, dan web pemerintahan dengan kisaran 2.000-4.000 visitor/hari.

    Paket Hosting Bisnis Domainesia

    paket-hosting-bisnis-domainesia

    Tak hanya itu saja, bagi kamu yang ingin membuat website bisnis, tentunya Paket Hosting Bisnis cocok untuk kamu. Didalam paket hosting bisnis ada beberapa paket yang ditawarkan. Untuk paket hosting “Super” dan “Monster” kamu akan mendapatkan gratis domain selama 1 tahun untuk domain .com, .net, .org, .us, .info, .name, .pw, .co.id, .web.id, .biz.id, .sch.id, .ac.id, dan .my.id.

    Sedangkan jika kamu menggunakan paket “Mikro“, “Mega“, “Giga“, dan “Exa” maka kamu akan mendapatkan GRATIS DOMAIN SELAMANYA untuk domain .com, .net, .org, .us, .info, .name, .co.id, .web.id, .biz.id, .sch.id, .ac.id, dan .my.id.

    Saya sudah beberapa kali pindah hosting dari penyedia hosting baik dalam maupun luar negeri. Hosting luar negeri dengan nama besar pun tidak menjamin kualitas layanannya bagus. Bahkan ketika saya ada masalah, terkendala dalam bahasa untuk menyampaikan keluhan, maklum karena saya tak pandai dalam berbahasa Inggris heee.

    Hingga akhirnya saya memutuskan untuk mencoba menggunakan Domainesia, dan hingga saat ini hampir tak ada kendala berarti yang saya temui. Selain itu, layanan customer service-nya juga memuaskan, cepat tanggap dan membantu setiap saat.

    Salah satu yang saya sukai dari DomaiNesia sebagai salah satu perusahaan webhosting terbaik di Indonesia telah menghadirkan fitur instant deploy. Apa itu instant deploy? fitur ini memungkinkan kamu untuk membuat website sendiri dengan cepat dan mudah. Bahkan, untuk seorang pemula sekalipun, dengan menggunakan fitur ini, kamu tidak direpotkan dalam memahami cpanel, setting database dan hal-hal yang bersifat teknis lainnya.

    Prosesnya pun sangat cepat, hanya dalam hitungan menit. Sangat efisien waktu dan kita jadi tidak dipusingkan oleh setup yang bermacam-macam, sehingga kita bisa fokus dengan hal-hal lain.

    Langkah-Langkah Membuat Website,

    Untuk membuat website di DomaiNesia, langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu melaukan registrasi untuk membuat akun terlebih dahulu. Namun jika kamu sudah memiliki akun DomaiNesia, kamu bisa langsung Sign in. Langkah-langkah untuk membuat akun di DomaiNesia adalah sebagai berikut:

    1. Buka website domainesia atau bisa klik disini.

    01-halaman-utama-domainesia-kabartani2. Di halaman utama website DomaiNesia, pilih “Sign up”

    02-pilih-sign-up-untuk-daftar-kabartani3. Lengkapi data dan informasi yang diminta. Jika semua data telah terisi dengan benar, klik tombol “Lanjut”

    03-halaman-pendaftaran-domainesia-kabartani
    4. Lengkapi lagi semua data yang dibutuhkan. Setelah itu, klik “Sign up

    04-halaman-info-data-kabartani
    5. Sampai disini, kamu sudah berhasil memuat akun di DomaiNesia, sekarang kamu akan langsung terdaftar dan dibawa masuk ke laman pemesanan.

    Setelah kamu berhasil membuat akun, agar lebih mudah dalam membuat website gunakan fitur instant deploy, caranya,

    1. Klik “Web Apps” di bagian kanan atas pada lama pemesanan.

    05-klik-web-apps2. Di laman instant deploy, kamu bisa memilih jenis website yang akan kamu buat.

    06-halaman-instant-deploy-domainesiaTerdapat beberapa pilihan jenis website dan CMS yang bisa kamu pakai. Pilih sesuai dengan kebutuhanmu kemudian klik tombol “Pesan

    3. Untuk memilih hosting, anda tidak perlu bingung. Dapat anda lihat di Panduan Memilih Hosting. Lalu pilih lokasi server, untuk panduannya dapat dilihat di Panduan Memilih Server. Jangan lupa untuk mengatur siklus atau waktu penyewaan hosting sesuai kebutuhan dan budget yang kamu miliki.07-halaman-pesanan-hosting-2Kemudian, masukkan nama domain website yang akan kamu buat. Pastikan domain tersebut belum terdaftar atas nama pihak lain.

    4. Jangan lupa masukkan username dan password yang nanti akan digunakan mengatur website kamu. Catat dan simpan username dan password itu agar tidak lupa. jika sudah lalu klik tombol “Masukkan troli08-halaman-username-password-wordpress4. Kamu akan dibawa ke dashboard keranjang belanja. Pada dashboard tersebut akan terlihat item pesanan kamu. Yaitu pemesanan hosting dan instant deploy wordpress beserta nama domain. Untuk menyelesaikan pemesanan, anda dapat klik “Selesaikan & Bayar“.

    09-halaman-troli-pembayaran5. Tunggu sebentar, Maka kamu akan mendapat invoice seperti gambar dibawah ini. Cek email, dan segera lunasi pembayaran anda. Setelah lunas, maka anda akan mendapatkan informasi mengenai hosting dan domain.10-halaman-rincian-pembayaran

    6. Setelah kamu menyelesaikan pembayaran, kemudian lakukan konfirmasi pembayaran disini atau kamu bisa melakukan kepada customer service via chat di laman DomaiNesia.

    7. Langkah terakhir yaitu, kamu tinggal memilih template yang sesuai dengan kebutuhan. Terdapat beberapa template yang dapat kamu gunakan. Dengan memilih template pada awal instalasi, maka anda akan lebih mudah dalam mengatur dan melakukan kustomisasi website.

    Agar kamu lebih paham mengenai apa itu wordpress dan berbagai tahapan dalam kustomisasi, dapat dilihat di Panduan dasar WordPress

    8. Website kamu telah aktif dan siap untuk digunakan. Kamu tinggal membuat konten sebanyak-banyaknya dan happy blogging.

    Demikianlah sedikit pengalaman saya dalam membuat dan mengembangkan website, semoga bisa menjadi panduan bagi kawan-kawan sekalian ketika ingin membuat website sendiri. Semoga informasi ini bermanfaat. Terima kasih.