Peternakan Susu Perah Cara Membuat Yoghurt Skala Rumah Tangga

Cara Membuat Yoghurt Skala Rumah Tangga

0
Bagikan

Kabartani.com – Produk utama dari usaha peternakan sapi perah adalah susu. Produk tersebut harus segera ditangani mengingat sifat susu yang mudah rusak. Penanganan pertama setelah diperah adalah didinginkan dalam penampungan (cold storage), selanjutnya dikirim ke industri pengolahan susu (IPS) untuk diproses lebih lanjut.

Di tingkat industri rumah tangga dapat dibuat beberapa macam olahan, antara lain yaitu yoghurt, permen susu, instan susu, dll. Dalam membuat yoghurt, berikut ini beberapa bahan dan peralatan yang perlu disiapkan:

  • Susu segar,
  • Starter/biang/bakteri kering,
  • Gula pasir,
  • Perasa,
  • Gayung pengaduk,
  • Plastik kemasan,
  • Timbangan digital,
  • Panci untuk merebus susu,

A. Langkah Pembuatan Starter Cair Yoghurt

  1. Siapkan susu segar sebanyak 4 liter,
  2. Siapkan biang/bakteri kering sebanyak 2,5 gr,
  3. Susu direbus diatas nyala api sampai suhu 85°C,
  4. Setelah mencapai suhu 85°C, panci didinginkan sampai suhu 45°C, paling tidak akan membutuhkan waktu sekitar 30-45 menit,
  5. Selanjutnya biang/bakteri dimasukkan kedalam susu, lalu diaduk sampai merata. Kemudian disimpan didalam inkubator selama 10-12 jam, dan jaga kestabilan pada suhu 45°C tersebut.
  6. Kemudian bagi susu yang sudah dicampur biang/bakteri menjadi dua bagian, masing-masing 2 liter. 2 liter pertama diproses untuk tahap I, dua liter lainnya untuk tahap II disimpan di kulkas terlebih dahulu.
Gambar 1. Proses pengolahan susu segar menjadi Yoghurt

B. Langkah Pembuatan Yoghurt

  1. Siapkan 10 liter susu, lalu direbus sampai suhu 85°C dan ditambahkan gula pasir secukupnya, lalu didinginkan sampai suhu 45°C, berikutnya ditambah 2 liter susu yang sudah dicampur biang/bakteri dan perasa sesuai keinginan, simpan di inkubator selama 10-12 jam.
  2. Setelah itu, susu siap dikemas sesuai kebutuhan, biasanya menggunakan plastik es lilin. Kemudian disimpan di kulkas, sisakan 1 liter untuk biang tahap III.
  3. 2 liter biang lainnya dicampur dengan susu 10 liter yang sebelumnya telah direbus pada suhu 85°C dan turun sampai suhu 45°C juga telah disimpan di inkubator selama 10-12 jam dan ditambahkan gula dan perasa secukupnya. Sisakan pula 1 liter untuk biang tahap III.
  4. Biang yang disisakan dijadikan satu campuran dengan susu 10 liter yang sebelumnya telah direbus pada suhu 85°C dan telah didingingkan sampai suhu 45°C, selanjutnya simpan di inkubator selama 10-12 jam, siap untuk dibungkus. Sisakan 2 liter untuk dijadikan biang tahap IV.
  5. Begitu seterusnya biang dapat diambil dari 7 kali pembuatan, setelahnya dibuat lagi dengan cara mengencerkan biang kering.

Simak juga:

Demikian informasi bagaimana Cara Membuat Yoghurt sendiri untuk Skala Rumah Tangga. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobatani sekalian. Jangan lupa share atau bagikan artikel ini ke sobatani lainnya. Terima kasih.

Sumber: Retno Endrasari dan Dwi Nugraheni (BPTP Jawa Tengah, 2015)

Loading...

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here