Cara Membudidayakan Lebah Klanceng/Lanceng Lengkap Dengan Video Panduanya

Cara Membudidayakan Lebah Klanceng/Lanceng Lengkap Dengan Video Panduanya

0
SHARE

KABARTANI.COM-Cara Membudidayakan Lebah Klanceng. Mungkin masih sangat asing di telinga masyarakat kita tentang budidaya lebah klanceng. Pada umumnya kita hanya mengira bahwa Cuma lebah madulah yang mampu menghasilkan madu, tapi ternyata lebah klanceng juga mampu menghasilkan madu yang khasiatnya jauh lebih bagus daripada madu yang dihasilkan oleh lebah madu pada umumnya.

klanceng

Lebah klanceng yang memiliki nama latin Apis Trigona sp ini memiliki ukuran fisik yang lebih kecil dari lebah madu, dan bahkan lebih kecil dari lalat, lebah klanceng berwarna hitam dengan kaki berbulu dan biasanya hidup di celah celah pohon yang kering, lobang pada tembok. Karena ukuranya yang sangat kecil banyak yang mengira kalau lebah ini adalah semut bersayap.

Lebah klanceng juga mampu menghasilkan madu, yang kualitas madunya lebih bagus jika dibandingkan madu yang dihasilkan lebah madu biasa, tak heran jika madu lebah klanceng sangat banyak dicari dan yang pasti harganya juga jauh lebih mahal.

KONDISI ALAM YANG DISUKAI LEBAH KLANCENG:

Lebah klanceng hidup pada daerah yang bersuhu dibawah 32 derajat celcius, umumnya mereka mampu hidup baik pada wilayah yang memiliki suhu 18 – 24 derajat celcius, dengan kelembaban 60 – 70%. Lebah klanceng merupakan lebah yang tidak memiliki sengat dan hidup berkoloni. Koloni di buat pada batang batang pohon, ruas bambu, lubang di tanah.

CARA MEMBUAT SARANG LEBAH KLANCENG:
sarang lebah klanceng sebaiknya dibuat dengan bahan-bahanyang mirip seperti sarang mereka dialambebas,biasanya sarang yang digunakanuntukmembudidayakan lebah klanceng terbuat dari bahan seperti berikut:

  • Tempurung kelapa
  • Batang bambu
  • Kayu kering
  • Tembikar

foto08211

Sarang dibuat tertutupdan hanya diberi lubang dengan diameter 1cm sebagai pintu keluar masuknya lebah nantinya.

PEMBUATAN KOLONI DALAM SARANG BUATAN LEBAH KLANCENG:

Setelah sarang siap tinggal bagaimana caranya agar lebah klanceng mau menempati sarang yang kita buat. Pada umumnya para petani lebah klanceng akan menempatkan lebah ratu dan beberapa lebah pekerja pada sarang.

Selain itu juga bisa dilakukan dengan cara yang lebih mudah yaitu menempatkan sarang menempel pada lubang koloni lebah klanceng, dengan memberi lubang pada sisi lainya sehingga lebah di paksa kaluar masuk melalui kandang. Lebah klanceng memasuki kandang tersebut untuk keluar masuk koloninya, maka lambat laun akan terangsang untuk membuat koloni baru pada sarang tersebut untuk meluaskan koloninya. Setelah terbentuk koloni baru pada sarang tersebut maka sarang dapat di pindahkan ke tempat lain yang kita inginkan

PERAWATAN KOLONI LEBAH KLANCENG:

Kita hanya perlu menanam tanaman yang mampu menghasilkan bunga di sekitaran sarang, agar ketersediaan makanan si lebah klanceng dapat tercukupi.

PEMANENAN:

Pemanenan madu lebah klanceng dapat di lakukan setelah terbentuk bulir bulir madu yang menempel pada dinding sarang. Yaitu dengan cara menyisir atau mengerik dengan hati hati dadn di kumpulkan pada wadah penampung. Untuk memisahkan kotoran dapat dilakukan penyaringan dengan menggunakan kain kasa yang halus.

madu-klanceng