Cara Memeram Buah Alpukat Agar Cepat Matang dan Tidak Busuk

Cara Memeram Buah Alpukat Agar Cepat Matang dan Tidak Busuk

0
SHARE
Cara Memeram Buah Alpukat Agar Cepat Matang dan Tidak Busuk

KABARTANI.COM – Alpukat merupakan salah satu buah favorit bagi masyarakat Indonesia. Betapa tidak, kandungan lemak yang terkandung didalam buah alpukat, sudah terbukti memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan manusia. Tak heran banyak yang mengonsumsi buah alpukat untuk diet maupun digunakan sebagai campuran makanan maupun minuman, misalnya es campur.

Alpukat sendiri pada umumnya dijual dalam kondisi belum matang. Biasanya dulu, orang-orang memeram buah alpukat dengan cara menyimpan saja ditempat beras atau dibungkus dengan kain. Namun, tahukah anda? kebanyakan daging buah alpukat yang diperam bersama beras cenderung lebih mudah membusuk. Lalu, bagaimana caranya memeram buah alpukat yang belum matang agar bisa segera dikonsumsi?

Kali ini saya akan berikan beberapa tips terbaik memeram alpukat dengan cara yang sederhana dengan hasil yang memuaskan tanpa membusuk. Seperti apa? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Peram didalam kantong kertas warna cokelat

Masukkan buah alpukat mentah secara utuh, yang belum dipotong ke dalam kantong kertas berwarna cokelat. Kantong ini berfungsi untuk memerangkap gas etilen yang dihasilkan oleh alpukat yang akan mematangkannya dengan sendirinya. Pastikan kantong kertas tersebut tidak berlubang.

2. Tambahkan buah-buahan lain

Anda bisa menambahkan buah-buahan lain, seperti pisang, apel, atau tomat ke dalam kantong kertas cokelat tersebut. Pisang paling baik digunakan, tapi buah-buahan lainnya juga bisa digunakan. Namun jika tidak ada, tempatkan semua alpukat bersama-sama dalam kantong. Jadi buah-buahan tersebut dicampurkan bertujuan agar gas etilen yang dihasilkan jauh lebih banyak. Karena, semakin banyak gas etilen yang hasilkan, semakin cepat pula buahnya akan matang.

3. Simpan kantong tertutup pada suhu kamar

Jauhkan dari sinar matahari, suhu penyimpanan yang paling baik yaitu antara 18 hingga 24 °C. Jika Anda tidak menempatkan buah lain dalam kantong, biasanya, alpukat akan memakan waktu 2-5 hari untuk matang.

4. Periksa secara berkala

Buah lain yang ditambahkan akan mempercepat proses pematangan alpukat secara signifikan, dan dengan cara ini seharusnya alpukat akan matang dalam waktu 1 hingga 3 hari. Bila mudah dikupas, itu tandanya Alpukat Anda sudah matang dan siap untuk dikonsumsi, coba rasakan teksturnya dengan tangan Anda apakah sudah lunak karena terkadang sulit menentukan kematangan alpukat berdasarkan warna kulitnya.

Alpukat mentah akan terlihat hijau dan sangat menarik. Saat mulai matang, akan ada bercak keunguan atau kehitaman pada kulitnya (saat inilah Anda dapat menggunakannya dalam waktu sekitar 2 hari). Ketika sudah benar-benar siap makan, warna kulit alpukat akan menjadi hijau sangat gelap/kecokelatan. Alpukat yang sudah matang bisa bertahan lama jika disimpan dalam lemari es selama beberapa hari, tetapi akan kehilangan aroma dan rasanya seiring berjalannya waktu.

Itulah beberapa Cara Memeram Buah Alpukat Agar Cepat Matang dan Tidak Busuk, anda tertarik ingin mengikuti tipsnya? Selamat mencoba ya!