Pertanian Hortikultura Cara Memilih Bibit BAWANG MERAH yang Baik dan Benar

Cara Memilih Bibit BAWANG MERAH yang Baik dan Benar

1
Bagikan

Kabartani.com – Dalam Budidaya bawang merah langkah awal yang harus dilakukan adalah pemilihan bibit yang berkualitas unggul, agar dapat menghasilkan bawang merah yang melimpah. Selain itu bibit unggul yang kita pilih haruslah tahan terhadap hama, penyakit, cuaca, dan suhu, serta tahan terhadap perubahan iklim.

Sebelum memilih bibit, terlebih dahulu kita kenal ukuran umbi bibit bawang merah, ada 3 ukuran umbi bibit diantaranya :

  • Umbi bibit besar dengan ukuran diameter > 1,8 cm atau > 10 g
  • Umbi bibit sedang ukuran diameternya 1,5 – 1,8 cm atau 5-10 g
  • Umbi bibit kecil dengan ukuran diameter 1,5 cm atau < 5 g

Ukuran Umbi bibit mempunyai keunggulan masing-masing. Dalam budidaya bawang merah pemilihan ukuran Umbi bibit sangat berpengaruh, disini kita bahas satu persatu tentang ukuran umbi untuk pembibitan.

1. Bibit Ukuran Besar

Apabila kita pilih umbi bibit besar maka penyediaan cadangan makanan lebih banyak untuk pertumbuhan dan perkembangan bibit ketika sudah ditanam dilahan. Pertumbuhan umbi bibit besar tumbuh lebih vigor, daun yang dihasilkan pun berdiameter lebih besar dan memiliki ukuran daun yang panjang.

Umbi bibit besar memiliki bobot yang lebih besar, apabila kita pilih umbi besar untuk memenuhi bibit bawang merah dengan ukuran bibit besar maka memerlukan biaya yang cukup besar, mengingat ukuran umbi besar memiliki bobot yang lebih besar.

2. Bibit Ukuran Sedang

Apabila kita pilih umbi bibit dengan ukuran sedang, umbi bibit sedang adalah jenis umbi jenis ganda dengan rata-rata terdiri dari 2 siung umbi, jenis ukuran umbi bibit sedang ini banyak dipilih para petani bawang merah, karena relatif harga bibitnya lebih murah dibandingkan dengan umbi bibit yang berukuran besar.

3. Bibit Ukuran Kecil

Untuk Umbi bibit dengan ukuran kecil, umbi jenis ini biasanya lemah dalam pertumbuhannya, sedang untuk daunnya tidak kokoh kerena memiliki ukuran daun yang relatif lebih kecil, umbi jenis ini mudah terserang hama dan penyakit.

Sehingga, dari keterangan diatas dapat diambil kesimpulan dalam pemilihan bibit bawang merah, sebaiknya kita pilih bibit bawang merah yang memiliki ukuran sedang disamping harga bibit yang relatif murah, sehingga tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya.

Loading...

1 KOMENTAR

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here