Cara Memilih Bibit Kambing Dengan Baik Dan Benar

Cara Memilih Bibit Kambing Dengan Baik Dan Benar

0
Bagikan

Kabartani.com – Cara Memilih Bibit Kambing Dengan Baik Dan Benar,Ketika ingin membudidaya ternak kambing jika kita langsung mulai dari bibit, maka kita harus memilih bibit yang baik dan yang berkualitas karena hal tersebut yang akan menentukan keberhasilan dalam budidaya kambing nantinya.

Dalam memilih bibit kambing ini dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan silsilah keturunan kambing dan secara visual atau dengan melihat langsung fisik calon kambing yang akan dipelihara.

Cara memilih bibit dari silsilah keturunan

Cara ini biasanya diaplikasikan dengan kambing muda dan yang belum bereproduksi, selain itu pemilihan dengan silsilah ini juga berguna untuk menghindari kemungkinan sifat kurang baik yang akan diturunkan.

Hal yang terpenting dari memilih bibit secara silsilah ini pembudidaya harus mempunyai catatan yang baik dengan silsilah sebelumnya

Cara memilih bibit dari Visual

Pada cara ini kita pilih bibit berdasarkan pada sifat yang nampak, untuk memilih bibit dengan cara ini sebaiknya dilakukan ketika kambing masih muda.

Dalam hal ini pemilihan bibit dengan cara ini lebih diutamakan pada bibit kambing yang berkelamin jantan karena mempunyai keturunan yang lebih banyak dari pada bibit kambing betina, karena kambing jantan dalam kondisi sehat mampu melayani betina sebanyak 20-30 ekor betina

Hal-hal yang harus diperhatikan ketikan memilih bibit dengan cara visual diantaranya

  • Perhatikan sifat-sifat reproduksi dari kambing tersebut
  • Faktor kesehatan pun juga harus diperhatikan
  • Calon bibit tidak cacat
  • Memilki kaki yang lurus, tegak, dan lincah
  • Calon bibit tidak pernah terserang penyakit yang berbahaya sebelumnya
  • Memiliki pertumbuhan kelamin yang normal
  • Memilki kondisi tubuh yang tidak terlalu gemuk atau terlalu kurus

Baca juga :

Demikianlah tips memilih bibit kambing dengan cara silsilah keturunan dan secara visual fisik dari calon kambing yang akan dibudidaya, semoga sedikit ulasan diatas dapat bermanfaat.

Loading...

TIDAK ADA KOMENTAR

BERI BALASAN