Peternakan Hewan Unggas Cara Memilih dan Ciri Fisik Anakan Ayam Aduan Berkualitas

Cara Memilih dan Ciri Fisik Anakan Ayam Aduan Berkualitas

0
Bagikan

Kabartani.com – Ayam bangkok berkualitas tidak hanya bisa didapatkan dari proses latihan dan perawatan, tetapi juga dari bibit unggul atau anakan yang memang sudah berkualitas. Memang tidak mudah menilai apakah anak ayam tersebut berkualitas dan memiliki daya tarung yang hebat atau tidak.

Akan tetapi, ternyata ada beberapa ciri fisik anak ayam bangkok yang bisa dilihat terutama ketika anak ayam sudah berusia lebih dari 5 bulan.

Berikut ciri-ciri fisik anak ayam bangkok yang berkualitas:

1. Mata Anak Ayam Bangkok

Ciri pertama bisa dilihat dari matanya. Mata anak ayam bangkok yang baik adalah mata yang bening, jernih, alis lebih menonjol, dan matanya sedikit menjorok ke dalam. Ciri tersebut menunjukkan bahwa anak ayam nantinya akan memiliki tingkat kewaspadaan saat bertarung.

2. Paruh Anak Ayam Bangkok

Paruh yang baik pada anak ayam bangkok adalah paruh yang bagian atasnya memiliki garis putih, hampir mirip seperti rajawali. Paruh seperti ini menandakan bahwa saat anak ayam beranjak dewasa, ia akan memiliki patukan yang kuat, tajam, dan mematikan. Sebaiknya pilih juga anak ayam bangkok dengan paruh yang warnanya sama dengan warna ruas kakinya.

3. Kaki Anak Ayam Bangkok

Bagian kaki adalah bagian yang penting untuk jenis ayam petarung. Anak ayam bangkok yang berkualitas akan memiliki kaki dengan jari yang terbuka lebardan norma, bentuk kaki proporsional, lututnya menjorok ke belakang, dan memiliki sisik yang kering. Ciri tersebut menunjukkan bahwa anak ayam tersebut akan memiliki pukulan yang akurat dan terarah.

4. Kepala Anak Ayam Bangkok

Anak ayam yang baik memiliki bentuk kepala menyerupai burung jalak. Cirinya adalah bentuk kepalanya terlihat tebal, kulitnya tipis, dan panjang. Ciri ini menunjukkan bahwa ayam akan memiliki tampilan yang berwibawa, kuat dalam menerima pukulan, dan tidak cengeng saat terluka.

5. Tulang Anak Ayam Bangkok

Bentuk tulang juga sangat berpengaruh terhadap kualitas anak ayam bangkok. Beberapa tulang tersebut di antaranya tulang badan, tulang leher, dan tulang kaki.

Tulang badan anak sabung ayam yang baik adalah yang memanjang dari tulang dada ke tulang belakang. Tulang bagian dadanya umumnya tebal dan besar. Saat diraba tulangnya harus kuat, keras, dan rapat.

Tulang kaki anak ayam ada dua jenis. Ada yang memiliki tulang kaki persegi dan tulang kaki membulat. Anak ayam yang berkualitas memiliki tulang kaki yang membulat, umumnya jenis ayam dengan tulang membulat akan memiliki pukulan yang kuat, keras, dan tajam.

Tulang leher anak ayam yang baik adalah tulang yang agak panjang, besar, dan rapat. Biasanya ayam dengan jenis tulang leher seperti ini akan fleksibel dalam menggerakkan kepalanya dan sangat bermanfaat untuk menunjang pertarungan.

Simak juga artikel lainnya:

Itulah lima ciri dari anak ayam bangkok yang baik dan berkualitas. Pilihlah anakan ayam bangkok dengan ciri-ciri tersebut jika ingin ayam bangkok berkualitas tinggi saat dewasa.

Loading...

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here