Cara Memilih Induk Kenari Dengan Baik Dan Benar

Cara Memilih Induk Kenari Dengan Baik Dan Benar

0
SHARE

Kabartani.com-Langkah awal beternak burung kenari adalah memilih induk yang baik dan benar.

Cara memilih induk betina kenari sebaiknya kita pilih yang memiliki ukuran tubuh yang besar, karena dengan tubuh yang besar akan mampu bertelur dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan induk betina yang memiliki ukuran tubuh kecil, selain itu ukuran yang besar juga dapat memberi efek yang baik ketika indukan tersebut mengerami telur nya, selain itu pilih indukan betina yang memiliki paruh sampai ekor dan berdiri tegak lurus kebawah dan memanjang. yang penting pilih indukan yang sudah cukup umur.

Ciri kenari betina yang sudah siap untuk dijadikan indukan bisa dilihat dari anus,  caranya anda pegang kenari tersebut kemudian anda balik dan ditiup bulu yang dekat dengan anus, jika anus pada burung kenari sudah tidak ada bulunya dan tonjolan anus sudah kelihatan membesar maka kenari tersebut sudah siap untuk dijadikan indukan.

Cara memilih induk jantan sebaiknya pilih yang memiliki suara atau kicauan keras, memiliki postur tubuh yang bagus, pilih yang memiliki warna bagus seperti warna kuning karena warna kuning banyak diminati, yang terpenting pilih yang sudah cukup umur.

Dengan melakukan pemilihan indukan dengan baik dan benar diharapkan dapat menghasilkan keturunan yang bagus, sesuai dengan yang kita harapkan.

Demikianlah cara memilih indukan kenari dengan baik dan benar semoga bermanafaat.