Cara Memilih Indukan Lele

Cara Memilih Indukan Lele

0
SHARE

Kabartani.com-cara memilih Indukan Lele dengan baik dan benar, dalam Budidaya Ikan lele langkah pertama yang harus dilakukan adalah pemilihan Indukan dengan baik dan benar.

Sebaiknya indukan yang digunakan sebagai pembibitan adalah indukan yang  sehat, lincah, meliliki bentuk badan simetris,tidak cacat.

Untuk induk jantan harus berumur 7 bulan, sedangkan induk betina harus berumur 1 tahun, indukan harus memiliki berat antara 1000 gram sampai 2000 gram.

Indukan yang kita pilih sebaiknya indukan dibesarkan
sendiri dari kecil, hal ini bertujuan untuk memudahkan beradaptasi apabila dipindahkan dari kolam satu kekolam yang lainnya.

Induk betina memiliki ciri – ciri warna lebih terang dan kepalanya lebih besar, tulang kepala agak pendek dan cembung, geraknya agak lambat, perut gembung dan lunak, kelamin berwarna
kemerahan berbentuk oval berlobang agak lebar berada dibelakang anus.kalo perut diurut kebelakang maka akan mengeluarkan ovum berwarna kuning.

Untuk induk jantan memiliki kulit gelap dan halus, kepala agak kecil, perut langsing,geraknya lincah, kelamin kemerahan memanjang kebelakang berapada pas dibelakang anus.
apabila perut diurut kebelakang maka akan keluar sperma berwarna putih kental.

ada 3 cara Merawat induk lele
1. berikan pakan yang berprotein tinggi. jangan dikasih pakan cacing sutra karena lemak cacing sutra terlalu tinggi.
2. Apabila ada indukan yang tidak sehat segera diambil diobati pada kolam yang lain hal ini bertujuan mengurangi penularan.
3. lakukan pengaturan sirkulasi air dengan baik dan benar.

Demikianlah cara memilih Indukan lele dengan baik dan benar.semoga bermanfaat.