Pertanian Tips Bertani Cara Memperpanjang Umur Produktivitas Tanaman Cabai Merah

Cara Memperpanjang Umur Produktivitas Tanaman Cabai Merah

0
Bagikan
Cara Memperpanjang Umur Produktivitas Tanaman Cabai Merah - Kabartani

Kabartani.com – Setiap petani cabai pasti ingin umur produktivitas tanaman cabai nya panjang. Atas dasar itu, kali ini saya akan berbagi informasi bagaimana Cara Memperpanjang Umur Produktivitas Tanaman Cabai Merah.

Seperti yang kita ketahui, biasanya tanaman cabai rata-rata hanya berumur 6 bulan saja. Selama itu pula rata-rata cabai hanya bisa dipanen sebanyak 15-20 kali saja. Setelah itu, produktivitas tanaman cabai akan menurun. Oleh karena itu, petani cabai biasanya hanya mempertahankan tanaman cabai pada umur tidak lebih dari 6 bulan, kalaupun bisa lebih paling lama hanya 8 bulan.

Untuk memperpanjang umur produktif tanaman cabai sebaiknya hindari penggunaan pupuk kimia yang berlebihan. Begitu juga pengobatan penyakit tanaman juga harus dilakukan secara tepat waktu dan dengan komposisi yang tepat tepat.

Ada beberapa faktor yang perlu anda perhatikan dalam upaya untuk memperpanjang umur produktivitas tanaman cabai, diantaranya yaitu:

A. Pengolahan Tanah

Langkah-langkah dalam pengolahan tanah yang perlu dilakukan, yaitu:

1. Pembajakan dan Pencangkulan Lahan
Ini dilakukan untuk menghaluskan tanah, hingga gumpalan-gumpalan tanah menjadi remah. Pengolahan tanah yang baik akan menentukan umur masa panen tanaman anda. Pada tahap ini juga perlu dilakukan pengukuran Ph tanah.

2. Pembuatan Bedengan
Buatlah bedengan dengan lebar sekitar 115 cm, dengan tinggi 45-50 cm dan lebar parit sekitar 50-60 cm. Sedangkan panjang bedengan tergantung dari luas lahan anda. Namun, sebaiknya tidak terlalu panjang, cukup 15 meter saja.

3. Pemberian Pupuk Organik
Setelah bedengan jadi, berikan pupuk organik yang sudah matang, misal pupuk kandang maupun pupuk kompos. Setiap 1 hektar setidaknya memerlukan 4 kwintal ditambah TSP 4 kwintal yang dicampur dengan dolomite. Pencampuran harus benar-benar merata. Banyaknya dolomite yang dicampurkan sebaiknya disesuaikan dengan pH Tanah anda.

4. Pemberian Mulsa
Langkah terakhir yaitu menutup bedengan dengan menggunakan mulsa plastik, dengan bagian mulsa plastik yang berwarna hitam dihadapkan ke bawah, sedangkan warna putih menghadap ke atas. Setelah bedengan tertutup rapi, dilakukan pembuatan lubang tanam diatasnya, dengan diameter lubang tanam sekitar 8-10 cm.

B. Pemeliharaan Tanaman

1. Pemupukan
Pemupukan pertama diberikan ketika tanaman menginjak umur 8 hari setelah ditanam di lahan. Pada umur tersebut pupuk yang dipakai adalah pupuk cair, campuran NPK sebanyak 3 Kg dengan ZA 4 Kg yang dilarutkan dalam 200 liter air.

2. Pemupukan Susulan
Ketika tanaman menginjak umur 12 bulan atau setelah petik pertama, dilakukan pemupukan susulan dengan komposisi ZA, TSP, KCl, dan pupuk organik dengan perbandingan 1:2:1:1.

Tingginya unsur P pada komposisi tersebut berfungsi untuk memperkuat perakaran tanaman cabai. Dengan perakaran yang kuat, penyerapan unsur hara oleh tanaman dapat lebih optimal. Pupuk susulan ini diberikan pada tugalan di kanan dan kiri batang, kira-kira berjarak 15 cm dari batang tanaman, dengan dosis 30 gram/batang.

4. Memberikan Suplemen Organik Tanaman atau SOT HCS yang merupakan suplemen untuk pertanian dengan dosis 5 tutup botol SOT dilarutkan dalam 14 liter air, lalu diberikan ke tanaman sebanyak 3 kali penyemprotan berturut-turut jarak 10 hari sekali

C. Cara Pemanenan

Setelah tanaman berumur sekitar 2 bulan setelah tanam atau buah pertama mulai memerah, pemanenan pertama sudah bisa dilakukan. Pemanenan sebaiknya dilakukan pada pagi hari. Hal ini untuk menjaga kesegaran buah, selain itu pemetikan di pagi hari juga bisa memperberat buah, karena belum banyak kandunagn air yang menguap. Proses pemetikan ini biasanya dilakukan tiap 3 hari sekali.

Simak juga Cara Pencegahan Awal Gejala Penyakit Patek (Antraknosa) Pada Cabai

Cara pemetikannya pun tidak boleh sembarangan, harus dilakukan dengan hati-hati. Caranya yaitu dengan buah cabai dipegang, kemudian dihadapkan ke atas. Dengan cara ini buah akan lepas dengan mudah tanpa merusak cabang tanaman. Cara pemanenan yang dilakukan dengan baik sedikit banyak akan membantu memperpanjang umur tanaman cabai.

REVIEW OVERVIEW
Tips Budidaya Cabai
Bagikan
Loading...

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here