Cara Menanam Buah Melon Secara Hidroponik

Cara Menanam Buah Melon Secara Hidroponik

0
Bagikan

KABARTANI.COM – Cara Menanam Buah Melon Secara Hidroponik. Budidaya melon secara hidroponik memiliki beberapa keunggulan antara lain fleksibel alias bisa dilakukan dimana saja, kapan saja dan di sembarang tempat, anda tidak perlu khawatir karena penanaman melon biasanya jarang bermasalah karena hidroponik lebih mudah asalkan terpelihara dengan baik. Dari segi kesehatan dan perkembangan tanaman, menanam melon dengan cara hidroponik juga lebih mudah pengontrolan dan deteksi kesehatannya.

Untuk pemula kita bisa belajar bagaimana cara menanam buah melon secara hidroponik berikut ini:

  • Alat dan Bahan

Alat-alat dan bahan yang dibutuhkan dalam menanam tomat hidroponik adalah sebagai berikut : benih melon, pupuk, talang air, drum plastik penampung air, pipa paralon dan instalasinya, mesin pompa akuarium, timer, gabur dan penetral air atau disebut juga deionizer.

  • Penyemaian Benih

Tempat penyemaian yang berupa kapas basah berlapis kertas diatas nampan plastik. Benih melon yang sudah disiapkan akan disemaikan, direndam terlebih dahulu di dalam air hangat secukupnya dan diamkan selama 2–4 jam. Bila benih tenggelam berarti benih dalam kondisi baik dan bisa disemaikan di tempat yang telah disiapkan tadi. Jangan lupa menyemprotkan air setiap pagi dan sore hari agar tetap lembab dan terjaga. Proses penyemaian biasanya berlangsung antara 2-3 hari.

  • Perawatan Awal

Perawatan awal ini merupakan tahap penyesuaian benih, kita hanya perlu memberikan nutrisi secara lengkap. Yang diperlukan adalah tempat penyesuaian berupa nampan plastik yang telah diberikan nutrisi yaitu air deionizer dan pupuk. Biasanya berlangsung setelah 8-10 hari setelah penyemaian.

  • Penanaman

Proses penanaman melon sendiri mulai dilakukan saat di tahap penyesuaian, tanaman melon sudah mulai tumbuh daun. Biasanya ini terjadi pada hari ke 13 atau 14. Pemberian nutrisi bisa diatur dengan timer selama masa penanaman dimana untuk sekedar contoh, penyetelan timer adalah setiap 1 jam sekali selama 15 menit dimulai dari pkl 00.00 s.d pkl 18.00. Lalu berapa lama sampai penanaman sampai masa panen berlangsung? Kira-kira 60 hari sejak pertama kali dimulai sesi penanaman.

Loading...

TIDAK ADA KOMENTAR

BERI BALASAN