Cara Menanam Semangka Dalam Pot Atau Polybag

Cara Menanam Semangka Dalam Pot Atau Polybag

0
SHARE
budidaya semangka dalam pot Kabartani.com

KABARTANI.COM-Ternyata menanam semangka tidak harus selalu membutuhkan lahan yang luas, tanaman semangka juga bisa ditanam dalam pot atau polybag. Selain mudah menanam semangka dalam pot juga bisa digunakan sebagai hiasan rumah.

Untuk itu berikut ini cara menanam semangka dalam pot.

Pemilihan Bibit

Hal pertama yang dilakukan untuk menanam semangka dalam pot adalah menyiapkan dan memilih bibit. Kita bisa mendapatkan bibit semangka yang berkualitas dan mempunyai produktivitas tinggi.

Ciri Bibit Dengan Kualitas Terbaik ialah Biji sehat, mengkilap, berwarna hitam atau kecokelatan dan tidak terserang hama.

Kita dapat memperoleh kualitas benih tersebut di took pertanian, setelah mendapatkan bibit langsung lakukan perendaman dengan fungisida selama 24 jam ata, bertujuan agar tidak mudah terserang hama dan penyakit.

MEDIA TANAM

Cara Pengolahan Media Tanam:

  • Cari tanah yang memiliki kandungan organic tinggi, gembur dan subur
  • Kemudian kita bisa menambahkan pupuk kandang atau kompos pada tanah yang kita gunakan sebagai media tanam semangka dalam pot, aduk hingga tercampur rata
  • Setelah itu diamkan beberapa minggu sebelum tanam.
  • Setelah media siap masukan kedalam Pot atau polybag hingga penuh dan lakukan penyiraman.

Penanaman Tanaman

Penanaman benih semangka dilakukan dengan cara membuat lubang tanam 2-3 cm, lalu masukan 2-3 benih semangka, timbun tipis binit dengan tanah kemudian siram hingga lembab.

Pemeliharaan Tanaman

Pemeliharaan dan perawatan tanaman semangka dalam pot meliputi: penyulaman, penyiangan , penyiraman, pemupukan dan pengendalian hama dan penyakit. Penyulaman di lakukan sekitar 1 minggu setelah tanam mengantikan tanaman yang sudah mati dengan benih yang baru. Penyiangan di lakukan dengan membersihkan gulma, atau tanaman liar yang berada di sekitar tanaman semangka. Penyiraman di lakukan dua kali dalam satu hari, dan jangan sampai terlalu berlebihan. Pemupukan di lakukan dengan memberikan pupuk kandang, Urea , TSP dan lainnya sesuai dengan takaran. Sedangkan pengendalian hama dan penyakit harus di lakukan sanitasi dan juga penyemprotan fungisida dan insektisida jika sudah mengetahui gejala serangan.

Pemanenan Tanaman

Tanaman semangka dapat di panen ketika 2-3 bulan.

Ciri buah semangka yang sudah tua dan siap dipanen antara lain: buah  sudah membesar, warna yang mengkilap, tangai batang sudah menguning atau kering. Pemanen ini di lakukan dengan cara memetiknya langsung atau memotong tangkai batang semangka.