Cara Menanam Tomat Dalam Polybag, Cocok Untuk Diterapkan Di Lahan Yang sempit

Cara Menanam Tomat Dalam Polybag, Cocok Untuk Diterapkan Di Lahan Yang sempit

0
SHARE

KABARTANI.COM-Menanam Tomat Dalam Polybag. Saat ini bertani tidak melulu harus memiliki lahan yang luas, lahan yang sangat sempit pun bisa kita manfaatkan untuk bercocok tanam. Semisal kita bisa menanam tanaman sayuran dalam pot yang mana tidak memerlukan lahan yang luas.

Menanam sayuran dalam pot atau polybag sangat cocok untuk mereka yang tinggal di perkotaan yang lahanya sangat sempit, selain dilakukan sebagai hobi menanam sayuran dalam pot atau polybag juga bisa mendatangkan manfaat bagi kita, di mana kita tidak perlu repot-repot membeli lagi sayuran untuk kebutuhan sehari-hari.

Kali ini akan saya bahas tentang bagimana cara menanam tomat dalam polybag, berikut ini langkah dalam menanam tomat menggunakan polybag:

  • Pemilihan Jenis Tomat

Langkah pertama pilih jenis tomat dan varietas yang akan ditanam. Sesuaikan lokasi tempat budidaya dengan varietas tomat yang akan dipilih, terutama untuk kondisi iklim dan ketinggian tempat. Kita bisa dengan mudah mendapatkan benih tomat yang berkualitas di took pertanian.

Berikut 4 jenis tomat yang beredar di pasaran: Tomat buah atau tomat granola, bentuknya bulat dengan pangkal mendatar Tomat gondol, bentuknya lonjong biasa digunakan sebagai bahan baku saus,Tomat sayur, teskturnya keras rasanya sedikit kecut,Tomat cherry, bentuknya kecil rasanya manis kecut.

  • Penyemaian Bibit

Bentuk persemaian bisa berupa bedengan, rak semai, atau polybag semai. Untuk persemaian dengan bedengan, buat larikan diatas bedengan dengan kedalaman 1 cm dan jarak antar larik 5 cm. Kemudian tanam benih tomat pada tiap larik dengan jarak 3 cm, tutup permukaannya dan siram secukupnya.

  • Pemindahan Bibit

Siapkan polybag kemudian isi penuh polybag dengan media tanam berupa tanah, arang sekam, dan kompos dengan perbandingan 2:1:1. Setelah media siap pndahkan bibit tomat yang telah disemai dengan cara siram persemaian dengan air agar media tanam menjadi lunak. Lalu cabut tanaman dengan hati-hati jangan sampai akar tanaman putus atau rusak. Kemudian masukkan tanaman tersebut secara tegak lurus pada lubang tanam yang ada dalam polybag.

  • Perawatan

Lakukan penyiraman secara rutin akan tetapi jangan terlalu basah untuk mencegah terjadinya busuk akar, Pupuk tanaman setelah satu minggu dengan kompos sebanyak satu genggam untuk setiap polybag. Lakukan penambahan pupuk kompos setiap bulan, atau bila terlihat tanaman kurang subur. Bila tanaman akan berbuah bisa ditambahkan pupuk buah atau pupuk organik cair.

  • Pemanenan

Tanaman tomat sudah siap berbuah saat berusia 3 bulan, Kriteria buah tomat yang siap dipanen adalah yang berubah warna dari hijau ke kuning-kuningan atau tepi daun terlihat kering dan batang menguning.