Cara Mencegah Dan Mengobati Busuk Daun (Pucuk Daun Menguning) Pada Tanaman Bawang...

Cara Mencegah Dan Mengobati Busuk Daun (Pucuk Daun Menguning) Pada Tanaman Bawang Merah

1
Bagikan

KABARTANI.COM – Cara Mencegah Dan Mengobati Busuk Daun (Pucuk Daun Menguning) Pada Tanaman Bawang Merah. Sobat sering kali kita temui kasus-kasus pada pertanian bawang merah di mana saat masih di usia muda tanaman bawang merah daunya hijau segar, akan tetapi itu tidak berlangsung lama kemudian ujung daunnya akan menguning. Hal tersebut sering disebut dengan istilah busuk daun.

Penyebab penyakit Busuk Daun :

Penyakit busuk daun pada tanaman bawang merah ini Disebabkan oleh jamur Peronospora destructor.

Gejala :

Kurang lebih pada saat tanaman mulai membentuk umbi lapis, didekat ujung daun timbul bercak hijau pucat. Pada waktu cuaca lembab pada permukaan daun berkembang kapang (mould jamur) yang berwarna putih lembayung atau ungu. Daun segera menguning, layu, dan mengering. Daun mati yang berwarna putih diliputi oleh kapangg hitam.

Faktor-faktor yang mempengaruhi penyakit :

Penyakit berkembang terutama pada musim hujan bila udara sangat lembab dan suhu malam hari rendah. Diantara kultivar bawang merah yang paling toleran adalah Bangkok, diikuti oleh Bima, Tablet, Timur, dan Kuning (Supyani, 1993).

Pencegahan Dan Penanganan:

  1. Pemakaian benih yang sehat
  2. Jika penyakit banyak timbul, setelah panen, daun-daun dibakar. Tanah jangan ditanami bawang selama 3 tahun.
  3. Tanaman disemprot dengan fungisida. Penambahan ppelekat dan perata akan meningkatkan manfaat obat. Untuk keperluan ini dapat dipakai nabam yang ditambah dengan sulfat seng, maneb, atau zineb. Penyemprotan dimulai 1 minggu sebelum tanaman dicabut dari pembibitan

Loading...

1 KOMENTAR

BERI BALASAN