Cara Mencegah Hama Dan Penyakit Dalam Budidaya Ikan Nila

Cara Mencegah Hama Dan Penyakit Dalam Budidaya Ikan Nila

0
SHARE

Kabartani.com- Cara Pencegahan Hama dan Penyakit Dalam Budidaya Ikan Nila. hal ini merupakan hal yang efektif dalam budi daya ikan nila karena hal tersebut dapat mengurangi resiko terserangnya hama dan penyakit pada ikan nila yang kita budidaya.

Dengan pencegahan hama dan penyakit memberi efek yang positif, dikarenakan apabila ikan nila yang kita budidaya sudah terjangkit hama dan penyakit, maka kita akan mengeluarkan
biaya mitigasi yang lebih besar.

Mengenai langkah – langkahnya untuk pencegahan hama dan penyakit dalam budidaya ikan nila adalah sebagai berikut :

– Kita pasang saringan atau filter yang dipasang pada pintu pemasukan air, karena hal tersebut bertujuan untuk mencegah kemungkinan hama dan vektor yang membawa penyakit yang masuk kedalam kolam.

– Kita lakukan pemberantasan hama secara rutin baik dengan cara mekanis dengan cara hama diambil lansung lalu dibunuh, ataupun bisa dengan cara biologis caranya  membiarkan predator
alami hama, dan apabila hama tetap membandel maka kita bisa menggunakan obat – obat kimia untuk memberantasnya.

– Alangkah baiknya pertama kali kita budidaya ikan nila sebaiknya kita pilih bibit yang unggul yang tahan terhadap hama dan penyakit, untuk bibit ikan nila ini alangkah baiknya diambil dari sumber yang terpercaya seperti pada litbang – litbang perikanan.

– Juga perlu diingat dalam pemindahan ikan pada penebaran antar kolam harus dilakukan dengan ekstra hati – hati agar ikan tidak terluka yang dapat menyebabkan infeksi penyakit.

– Kita harus mengurangi kepadatan ikan dalam kolam, karena hal tersebut bertujuan untuk mengurang kontak  antar ikan secara
langsung, selain itu dengan kepadatan ikan pada kolam yang tidak terlalu padat maka kadar oksigen yang larut dalam kolam akan lebih banyak.

– Kurangi penumpukan pakan pada dasar kolam karena hal tersebut dapat membusuk didasar kolam dan dapat menyebabkan perkembangbiakan bibit penyakit.

– Alangkah baiknya kita berikan pakan dengan takaran yang tepat.

Demikianlah beberapa hal yang dapat mencegah timbulnya hama dan penyakit dalam budidaya ikan nila semoga dapat menambah manfaat dan pengetahuan.