Cara Mencegah Serangan Kutu Beras

Cara Mencegah Serangan Kutu Beras

0
SHARE

KABARTANI.COM-Beras merupakan makanan pokok kita sehari-hari, kita bisa bayangkan jika beras yang kita konsumsi sehari-hari ternyata diserang oleh kutu beras, pasti hal tersebut membuat kita kecewa disamping kuwalitas beras menjadi rusak serta gizi dan protein didalam beras menjadi berkurang bahkan hilang.

berikut ini tips agar beras yang kita simpan tidak mudah
diserang oleh kutu beras.

1. Cabe kering
Cabe kering dipercaya dapat mengusir kutu beras dan mencegah datang kembali.

caranya masukkan cabe kering ketempat penyimpanan beras, dengan aroma cabe yang pedas, maka kutu beras akan berbondong-bondong untuk meninggalkan beras yang anda simpan, dan dapat mencegah kutu beras datang kembali.

2. Bawang putih
dengan aroma khas bawang putih yang dimasukkan kedalam penyimpanan beras akan membuat kutu beras menjadi terusik

caranya iris bawang putih kemudian masukan kedalam simpanan beras. tetapi cara ini bila digunakan untuk jangka waktu yang panjang maka akan membuat beras menjadi lembab dan berjamur.

3. Kayu manis
kayu manis dipercaya juga dapat untuk mencegah kutu beras karena baunya yang khas sehingga membuat beras menjadi terusik dan meninggalkan beras yang telah diserangnya.

caranya cukup masukan kayu manis kedalam penyimpanan beras.

4. Daun Asam jawa
Daun asam jawa juga berkhasiat untuk mengusir kutu beras karena aromanya yang khas dan dapat membuat kutu beras menjadi terusik dan meninggalkan beras yang telah dihinggapinya.

caranya cukup letakkan daun asam jawa kedalam penyimpanan beras.

5. Daun Jeruk Nipis
Aroma daun jeruk nipis dipercaya tidak disukai kutu beras dan membuat kutu beras tidak nyaman dan meninggalkannya.

Caranya masukkan daun jeruk nipis ke dalam tempat penyimpanan beras supaya lebih efektif letakkan daun jeruk nipis pada bagian bawah tengah, dan atas.

6. Daun Belimbing wuluh
Bau daun belimbing wuluh mampu membuat kutu beras merasa tidak nyaman.

caranya masukkan daun belimbing wuluh ke dalam penyimpanan beras.

7. Jemur Di Tempat yang Panas
Caranya masukkan beras kedalam wadah yang bisa menghantarkan panas seperti seng dan stainless. kemudian jemur di tempat yang panas. setelah itu tutup bagian atas dengan kain, kalau bisa yang berbulu dan kainnya usahakan menempel dengan beras.

Panas yang dihantar kan oleh seng dan stainless akan membuat kutu beras kepanasan dan akan mencari tempat yang dingin sehingga mereka akan menempel pada kain yang kita tutupkan tadi. Apabila dirasa cukup tinggal membalik kainnya dan membersihkan kutu beras yang menempel tersebut. Lakukan hal tersebut sampai beras cukup bersih.

8. Lada Kering
Aroma pedas dari lada yang sama seperti cabe, akan membuat kutu beras tidak nyaman sehingga dapat membuat kutu beras meninggalkan beras tersebut.

Caranya masukkan lada kering tersebut ke dalam tempat penyimpanan beras, agar lebih maksimal letakkan di bagian bawah, tengah dan atas.

9. Gunakan Kain Basah
Sebenarnya kutu beras lebih menyukai tempat yang sejuk dan lebab. oleh sebab itu gunakan kain basah untuk menutup beras yang diserang oleh kutu beras. setelah itu angkat kain basah tersebut. maka kutu-kutu beras akan menempel pada kain basah
tersebut. tinggal kita ambil kutunya dan kita basmi. ( gunakan kain basah yang berbulu)

Demikianlah cara mudah,murah dan sederhana untuk mengusir beras. semoga bermanfaat.