Cara Mengatasi Pohon Srikaya Yang Malas Berbuah Agar Rajin Berbuah

Cara Mengatasi Pohon Srikaya Yang Malas Berbuah Agar Rajin Berbuah

0
SHARE

Kabartani.com – Cara Mengatasi Pohon Srikaya Yang Malas Berbuah Agar Rajin Berbuah, Jika kita punya pohon Srikaya yang dulunya mau berbuah tetapi sekarang tak mau berbuah, pasti kita akan jengkel bahkan akan menebangnya.

Jika kita temui hal semacam ini, hal apa saja yang perlu kita lakukan. yang harus kita lakukan adalah melakukan pengamatan sebagai berikut :

  • Usia dari pohon srikaya tersebut apakah sudah tua, jika pohon sudah tua biasanya masa berbuahnya akan berkurang bahkan tak mau berbuah.
  • Fisik dari pohon srikaya tersebut, apakah pertumbuhannya tidak subur atau terjadi gersang pada daun, kulit dan sebagainya, karena hal ini bisa mengakibatkan srikaya juga tak mau berbuah jika mau berbuah cuma dalam jumlah sedikit.
  • Kita perhatikan adakah bagian kulit yang mengering atau bagian batang yang lapuk, sehingga ditempati semut untuk bersarang, jika ini terjadi besar kemungkinan zat hara dari tanah yang dibutuhkan pohon untuk berbuah tidak sampai keseluruh tubuh tumbuhan.
  • Kurangnya zat hara yang dibutuhkan tanaman seperti Nitrogen, Fospor, Potasium dan lain sebagainya.

Jika pohon srikaya mengalami hal tersebut seperti diatas besar kemungkinan pohon tak mau berbuah dan jika berbuah hanya dalam jumlah yang sedikit. jika sudah demikian kita harus segera melakukan tindakan sebagai berikut :

  • Berusaha menyuburkan tanaman kembali caranya kita berikan zat pengatur kesuburan tanaman.
  • Membersihkan bagian kulit yang mengering dengan hati – hati dengan menggunakan pisau yang tajam, tetapi kita harus hati – hati ketika membersihkannya jangan sampai kambium ikut terbuang.
  • Membuang bagian batang yang telah lapuk yang ditempati semut untuk bersarang.
  • Melakukan perawatan yang lebih baik meliputi penyiraman, pemupukan, dan pengendalian hama dan penyakit

Baca Juga :

Sebelum masuk pada pembahasan sebelumnya srikaya adalah tanaman yang memiliki nama Ilmiah Annona Squamosa L, dahulunya buah srikaya berasal dari India Barat

Mengenai Tumbuh kembang tanaman srikaya adalah pada ketinggian hingga 800 m dpi, dengan suhu antara 1 – 33 derajad C, bercurah hujan 500 – 1000 mm, dan pH tanah 5,5 – 7,5.

Srikaya menjadi salah satu buah yang sangat digemari karena buah ini bila sudah matang memiliki rasa yang manis dan legit ketika dimulut, selain itu buah srikaya juga mengandung

Energi 63 kkal, Protein 1,1 gr, Lemak 0,5 gr, Karbohidrat 13,9 gr, Kalsium 130 mg, Fosfor 30 mg, Zat Besi 3 mg, Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin C

Adapun manfaat dan khasiat dari buah srikaya untuk kesehatan adalah sebagai berikut :

  • Akar srikaya rasanya pahit, Berkhasiat anti radang, anti depresi.
  • Daun srikaya rasanya pahit, kelat. Berkhasiat astringen, antiradang, peluruh cacing usus (antheimintik), serta mempercepat pemasakan bisul dan abses.
  • Biji srikaya berkhasiat memacu enzim pencernaan, abortivum, anthelmintik, dan pembunuh serangga (insektisida).
  • Kulit kayu berkhasiat astringen dan tonikum.
  • Buah muda dan biji juga berkhasiat antiparasit.

Berikut Cara Mengatasi Pohon Srikaya yang malas berbuah agar rajin berbuah, atau dengan kata lain yang dahulunya mau berbuah tetapi sekarang tidak mau berbuah, maka yang harus kita lakukan adalah sebagai berikut

TINGKATKAN PEMBERIAN POTASSIUM Atau KALIUM (K).

Unsur ini sangat dominan dalam pembentukan buah, selain itu Potassium atau Kalium adalah zat yang sangat dibutuhkan pohon srikaya untuk pembentukan buah, tanaman srikaya cukup rakus melahap Kalium terutama pada saat buah srikaya sedang membesar.

TINGKATKAN PEMBERIAN FOSFOR (P).

Pada fase pembentukan bunga dan buah kita harus menggenjot asupan fosfor (P). Fosfor penting untuk pembentukan buah srikaya, karena Fospor berperan membawa air ke sel-sel sehingga buah dapat berkembang. Fosfor juga penting untuk fotosintesis, respirasi dan sintesa protein

Baca Juga :

Demikianlah Cara mengatasi pohon srikaya yang malas berbuah agar rajin berbuah selain itu kita juga mengetahui manfaat dan khasiat buah srikaya untuk kesehatan.