Cara Mengawetkan Cabe Secara Alami Tanpa Bahan Pengawet

Cara Mengawetkan Cabe Secara Alami Tanpa Bahan Pengawet

0
SHARE

KABARTANI.com – Cara Mengawetkan Cabe Secara Alami Tanpa Bahan Pengawet. Kebutuhan Cabe semakin hari semakin meningkat, perlu kita ketahui bahwa cabe tidak tahan lama biasanya cabe hanya bertahan beberapa hari, dan setelah itu biasanya cabe akan busuk. Jika cabe busuk maka dapat mengurangi harga jual, apalagi bagi pedagang cabe. Jika cabenya busuk maka pedagang tersebut akan mengalami kerugian

Tetapi anda tak perlu kawatir dengan cabe yang anda simpan agar tidak mudah busuk, berikut tips menyimpan cabe agar tidak mudah busuk setelah dipanen

Terlebih dahulu kita harus mengetahui ciri-ciri cabe yang baik adalah sebagai berikut cabe masih memiliki tangkai, warna kulitnya mengkilap, tidak busuk, tidak diserang hama, selain itu cabe tidak keriting, dan masih banyak lagi ciri-ciri cabe yang baik.

TIPS MENYIMPAN DAN MENGAWETKAN CABE AGAR TIDAK MUDAH BUSUK SETELAH CABE DIPANEN

  • Jika anda ingin menyimpan cabe yang anda panen agar tidak gampang busuk, sebaiknya setelah cabe dipanen anda bersihkan, kemudian dicuci, setelah dicuci kemudian dikeringkan.
  • penyimpanan, seletah tahap pertama diatas, dan cabe sudah bersih dalam keadaan kering kemudian langkah selanjutnya penyimpanan, sebaiknya cabe disimpan dalam wadah tertutup seperti disimpan di KULKAS. caranya masukkan cabe yang sudah kering kedalam wadah tertutup supaya cabe terhindar dari kelembapan, dengan demikian maka cabe akan lebih awet dan tidak mudah busuk.
  • Cabe dapat bertahan lebih lama caranya cabe diolah menjadi cabe bubuk langkahnya cukup mudah hanya dengan menjemur cabe dibawah terik matahari sampai cabe bener-bener kering, dan setelah bener-bener kering kemudian cabe di haluskan dengan cara ditumbuk, setelah cabe ditumbuk maka cabe berubah dalam bentuk bubuk
  • Cara ini agak unik, agar cabe tahan lama dan tidak mudah busuk adalah dibuat pasta cabe. Menghaluskan cabai dapat memudahkan Anda ketika menggunakannya sebagai bumbu masak. Anda bisa menghaluskan cabai, kemudian tumis hingga matang atau anda bisa mengukusnya. Setelah itu simpan dalam wadah tertutup agar anda bisa menggunakan saat dibutuhkan.

Semoga tips diatas dapat bermanfaat, baik bagi pembudidaya cabe, pedagang cabe, petani cabe bahkan sampai para penghobi makan cabe.