Cara mengendalikan Hama Tungau Penyerang Tanaman Cabe

Cara mengendalikan Hama Tungau Penyerang Tanaman Cabe

0
SHARE

KABARTANI.COM-Pada saat ini kebutuhan cabe sudah seperti kebutuhan pokok,dengan banyaknya permintaan cabai, hal ini membuat para pembudidaya cabai kian meningkat karena budidaya ini sangat menjanjikan, dan pada waktu – waktu tertentu seperti menjelang hari raya dan hari – hari besar lainnya harga cabai menjulang tinggi. hal ini menjadi motivasi penyemangat para pembudidaya cabe.

Budidaya tanaman cabe membutuhkan modal yang besar, selain itu juga dibutuhkan keterampilan yang cukup.dalam budidaya cabe, kerugianpun dapat terjadi karena pengaruh faktor fluktuasi harga,cuaca, serta adanya serangan hama dan penyakit,sebelum budidaya tanaman cabe segala resiko kerugian harus dipertimbangkan terlebih dahulu dengan matang.

Serangan hama dan penyakit dalam budidaya cabe merupakan resiko yang utama, maka dari itu kita harus siap untuk menanggulanginya, guna mengurangi kerugian yang akan terjadi.
pengaruh serangan hama ini dapat mempengaruhi produktifitas tanaman,juga dapat mengakibatkan gagal panen. Hama jenis Tungau merupakan salah satu hama yang sering menyerang tanaman cabe.

Hama tungau kuning dan merah yang sering menyerang tanaman cabe.selain tanaman cabe hama ini juga menyerang tanaman singkong.akibat yang ditimbulkan dari serangan hama jenis ini adalah daun menjadi keriting menggulung kebagian bawah, selain itu daun menjadi kaku dan tebal yang dapat menghambat pembentukan pucuk daun.kalo dibiarkan serangan hama jenis ini lama kelamaan daun akan berwarna coklat dan tanaman bisa mati.ada 2 pengendalian hama tungau diantaranya sebagai berikut:

1. Pengendalian yang dilakukan secara kimiawi, dalam pengendalian dengan cara ini dilakukan dengan menggunakan jenis insektisida yang mengandung fipronil atau diafenthiuron, dengan cara insektisida tersebut disemprotkan pada tanaman cabe yang terserang, untuk waktu penyemprotan yang lebih efektif dilakukan pada sore hari.

2. Pengendalian yang dilakukan secara teknis, dalam pengendalian jenis ini, daun – daun cabe yang terserang hama ini dipetik dan dimusnahkan, apabila ingin menanam tanaman cabe yang baru maka jangan berdekatan dengan tanaman semangka, kacang panjang, dan melon, hal ini bertujuan untuk menjaga kebersihan lingkungan tanaman cabe,alangkah baiknya gunakan plastik mulsa perak karena efektif menekan pertumbuhan dan perkembangan kutu daun.

Demikianlah gambaran salah satu hama yang sering menyerang tanaman cabe, dan bagaimana cara untuk mengendalikannya, semoga yang sedikit ini dapat menambah manfaat dan pengetahuan dalam budidaya cabe, serta bagaimana untuk menanggulangi hama tersebut.