Cara Mengetahui Pupuk Organik Padat Yang Berkualitas

Cara Mengetahui Pupuk Organik Padat Yang Berkualitas

0
SHARE
Ciri-Ciri Pupuk Organik Padat Yang Bagus-Kabartani.com

KABARTANI.COM – Pupuk Organik padat berbeda dengan pupuk organik cair, karena itu untuk mengenali ciri pupuk organik padat yang bagus juga menggunakan metode yang berbeda. Untuk mengetahui ciri-ciri pupuk organik padat yang bagus lebih pada bentuk fisik, aroma dan suhu.

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya mengenai pentingnya penggunaan pupuk organik sebagai penyubur tanaman pada artikel Ciri-Ciri Pupuk Organik Cair Yang Bagus.

Berikut ini ciri pupuk organik padat yang bagus :

1. Bau & aroma pupuk organik padat
Pupuk organik yang bagus biasanya memiliki aroma seperti bau tanah, yang mengindikasikan bahwa proses fermentasi aerobiknya sudah sempurna. Pupuk yang anda buat jangan digunakan dulu apabila baunya masih seperti kotoran atau bau pesing, karena ini akan menimbulkan fermentasi lanjutan dalam tanah yang bisa menyebabkan pertumbuhan tanaman sedikit terganggu.

2. Memiliki warna kehitam-hitaman
Jika pupuk organik memiliki warna kehitam-hitaman seperti warna humus, menandakan bahwa pupuk organik tersebut sudah benar-benar matang sempurna. Namun, apabila masih berwarna cokelat atau kehijau-hijauan itu tandanya proses fermentasi belum selesai. Terkadang, ada juga produsen nakal yang mengakalinya dengan mencampurkan karbon agar tampilan produk menarik. Tetapi ini sangat mudah dikenali dengan cara mengaduknya di air, maka airnya akan langsung menjadi hitam.

3. Tes kantong plastik
Anda bisa melakukan tes sederhana dengan memasukkan pupuk organik tersebut kedalam kantong plastik dalam keadaan lembab ( bila produk kering, dibasahi dulu dengan kadar air sekitar 20 % ), kemudian ditutup rapat, kedap udara dan dibiarkan dalam suhu kamar selama 1 minggu. Bila bentuknya masih baik dan baunya masih tetap seperti bau tanah, menandakan bahwa pupuk organik tersebut sudah benar-benar matang.

4. Tes perkecambahan
Seperti pada umumnya, pupuk organik yang benar-benar bagus bila diatasnya ditaruh benih sehat, maka benih bisa tumbuh dengan baik.

5. Suhu
Pupuk organik yang telah matang sempurna biasanya memiliki suhu rendah yang stabil walaupun disimpan dalam jangka panjang. Anda bisa mengeceknya dengan memasukkan tangan disela-sela tumpukan karung pupuk. Pupuk organik yang bagus terasa dingin di tangan.

6. Tes gumpalan
Ambilah segenggam pupuk organik dalam kondisi lembab, kemudian remas dengan kuat. Maka pupuk organik murni akan mudah sekali menggumpal tetapi juga mudah sekali terurai. Pupuk organik yang ditambahi bahan lain seperti Clay (semacam serbuk liat untuk memudahkan granulasi) dan Dolomit terlalu banyak, setelah dikepal akan sulit kembali terurai.

7. Remah
Pupuk organik yang murni tidak terlalu keras sehingga mudah terurai di dalam tanah dalam waktu yang singkat. Kebanyakan pupuk organik granul disetting dengan bentuk yang kering dan keras, tapi apalah artinya kalau membutuhkan waktu yang lama untuk bisa dimanfaatkan olah tanaman, apalagi bila untuk tanaman semusim.

Memilih pupuk organik yang baik dan berkualitas bagus, baik itu dalam bentuk cair maupun padat merupakan langkah awal keberhasilan budidaya tanaman secara organik. Selain akan bisa memperbaiki kualitas dan struktur tanah, hasil panen dari tanaman organik akan lebih sehat dan panen lebih banyak.

Itulah informasi mengenai Cara Mengetahui Pupuk Organik Padat Yang Berkualitas, Selamat mencoba.