Cara Menghalau Serangan Hama Bekicot (Siput Babi)

Cara Menghalau Serangan Hama Bekicot (Siput Babi)

0
Bagikan

Kabartani.com –  Siput babi atau yang biasa disebut bekicot memang menjadi salah satu hama yang bisa menyerang kebun kita. Walaupun gerakan hewan ini lambat, namun sangat merepotkan jika hama ini sudah menyerang.

Bekicot merupakan hewan yang aktif di malam hari (nokturnal), siang digunakan untuk tidur, dan akan aktif pada malam hari. Aktivitas yang merupakan kebalikan dari perilaku manusia (diurnal).

Hewan nokturnal umumnya memiliki kemampuan pendengaran dan penciuman serta penglihatan yang tajam di malam hari. Di kebun binatang, hewan nokturnal ditempatkan pada kandang khusus kedap cahaya untuk mengalihkan siklus tidur mereka agar tetap aktif selama waktu berkunjung.

Bekicot termasuk hewan yang mudah dipelihara dan di beberapa tempat bahkan dikonsumsi, termasuk di Indonesia. Meskipun berpotensi membawa parasit, bekicot yang dipelihara biasanya bebas dari parasit.

Bekicot merupakan hewan yang cukup rakus dalam memakan tanaman. Sebab itulah apabila kita menanam bibit yang baru bercambah, pada siang hari tak nampak apa-apa, namun keesokan harinya tanaman yang masih mudah ludes dilalap hewan ini. Fuh, memang sedih, bukan?

Oleh karena itu, saya memberikan tips bagaimana cara menghalau serangan siput babi / bekicot ini. Pilih salah satu atau boleh buat semuanya sekali.

1. Buang Telur Bekicot

Cara ini adalah yang paling mudah. Kita biasanya sering berada di kebun, kan? Jadi kalau ada nampak telur bekicot ini, maka pecahkan dan dibuang, atau bisa anda manfaatkan sebagai makanan hewan ternak, seperti bebek.

telur-bekicot-siput-babi-kabartani

Jika ada bekicot dewasa atau kecil pun boleh terus diambil dan buang. Saya biasanya selalu tabur sedikit garam pada atas kulitnya.

2. Lilit Tanaman dengan Kepingan Tembaga atau Aluminium

tembaga-menghalau-siput-babi-bekicot-kabartaniSecara alaminya, Bekicot tidak suka terhadap tembaga.

Apabila badannya yang lunak itu terkena tembaga seakan ada kejutan arus.

Letak kepingan tembaga di sekeliling tanaman. Jika tak ada tembaga, anda bisa menggunaka aluminium pun boleh.

3. Ampas Kopi

Selepas minum kopi, jangan kita buang ampasnya. Taburkan disekeliling tanaman. Selain itu ampas serbuk kopi kaya dengan nitrogen.

ampas-kopi-usir-hama-bekicot-kabartani

Sama hal nya sambil menyelam minum air. Ampas kopi dapat mengahalau bekicot dan juga dapat sebagai pupuk tanaman.

4. Garam Epsom

Garam epsom biasanya digunakan untuk kesehatan. Namun tahukah anda garam ini juga banyak digunakan di kebun? Daripada kita tabur garam biasa, lebih baik kita tabur garam epsom. garam-epsom-untuk-mengendalikan-hama-bekicot-kabartaniGaram epsom ini kaya dengan magnesium (Mg) yang bagus untuk perkembangan tanaman.

5. Kulit Telur Ayam

Kulit telur ayam kaya dengan unsur kalsium. Selepas kita goreng telur, jangan buang kulit telur ayam ini. Kita biarkan kering dengan cara dijemur atau dipanaskan dalam suhu 40 C selama 10 minit.

cangkang-kulit-telur-ayam-kabartani

Kemudian kita remas kulit telur hingga halus. Tabur hasil ramasan tersebut di sekeliling tanaman. Kesan tajam pada ujung sisa kulit telur itu tidak disukai oleh bekicot.

Simak juga Penggunaan Saponin dan Serbuk Biji Pinang Untuk Mengatasi Hama Keong Mas

Itulah 5 cara mudah yang bisa sobat tani terapkan untuk menghalau dan membunuh bekicot di kebun. Jika anda ada cara lain, jangan segan untuk komentar. Semoga informasi ini bermanfaat bagi sobat tani sekalian. Terima kasih.

Loading...

TIDAK ADA KOMENTAR

BERI BALASAN