Cara Menghilangkan Zat Tanin Pada Sabut Kelapa

Cara Menghilangkan Zat Tanin Pada Sabut Kelapa

0
Bagikan

Kabartani.com – Sabut kelapa banyak sekali dimanfaatkan sebagai media tanam, pupuk organik padat/cair dan MOL. Sayangnya, belum banyak yang mengetahui bahwa dalam sabut kelapa terkandung zat Tanin.

Zat Tanin yang terkandung di dalam sabut kelapa justru dapat menghambat pertumbuhan tanaman, sehingga tak jarang sobat tani dibuat heran mengapa tanaman yang ia tanam menggunakan sabut kelapa menjadi kerdil, bahkan mati sedangkan yang tumbuh alami dibatang pohon tampak subur.

Selain zat tanin, pada sabut kelapa ada beberapa zat lain yang terkandung antara lain selulosa, lignin, pyroligneous acid, gas, arang, ter, dan potasium (Rindengan et al., 1995).

Simak juga Cara Membuat Pupuk KCL Organik Dari Sabut Kelapa

Oleh karena itu, sebelum mengolah sabut kelapa sebagai media tanam maupun pupuk organik, sebaiknya hilangkan dahulu kandungan zat tanin tersebut. Bagaimnaa caranya? mari kita bahas.

Untuk menghilangkan atau mengurangi tanin pada sabut kelapa cukup sederhana, berikut cara yang bisa sobat tani praktekan. Untuk mempermudah proses menghilangkan kandungan tanin pada sabut kelapa sebaiknya pilih sabut dari kelapa yang tua agar lebih tahan terhadap pelapukan.

Cara Pertama:

  • Masukkan cocopeat kedalam karung, lalu masukkan sabut kedalam karung dan ikat ujungnya hingga cocopeat tidak terlalu padat.
  • Rendamlah karung cocopeat di dalam air mengalir, tidak perlu mengalir deras, cukup atur aliran air menetes hingga mengalir pelan selama beberapa hari.
  • Sering-seringlah menekan atau membalik karung tersebut sehingga air di dalam karung berganti dengan air bersih.
  • Apabila air sudah titak berwara merah lagi (jernih), angkat cocopeat dan jemur di terik matahari. Setelah kering cocopeat siap digunakan.

Cara Kedua: Memanfaatkan Fungisida

  • Potong sabut kelapa menjadi bagian kecil-kecil.
  • Setelah di potong, masukan kedalam wadah apapun yang bisa digunakan untuk merebus.
  • Tambahkan air dan rebus sabut kelapa selama 2-3 jam, buang air yang berwarna kemerahan, rendam lagi sabut kelapa kedalam air bersih dan beri sedikit fungisida
  • Kemudian keringkan.

Cara Ketiga: Memanfaatkan Tawas

  • Sabut kelapa yang sudah dipotong-potong, kemudian direndam dalam air yang dicampuri tawas dengan perbandingan 1 sendok tawas/20 liter air.
  • Kemudian diamkan selama 1 hari, selanjutnya pisahkan sabut dan larutan air tawas.
  • Rendam kembali sabut kelapa kedalam air bersih dan lakukan pengulangan beberapa kali sampai air rendaman sudah tidak begitu merah lagi biasanya memerlukan waktu 2-3 hari.
  • Kemudian keringkan atau bisa langsung di gunakan sebagai media tanam.

Jika anda tidak memiliki waktu untuk melakukan proses untuk menghilangkan atau mengurangi kandungan tanin pada sabut kelapa, maka anda bisa menggunakan sabut kelapa yang sudah lama (bukan yang baru di kupas) karena sabut kelapa yang sudah lama dikupas akan berkurang kandungan taninnya secara alami akibat siraman hujan dan sebagainya.

Namun tentu saja penggunaan sabut kelapa ini lebih pendek umurnya sebab akan lebih cepat lapuk. Umumnya ketahanan media sabut kelapa tanpa pengolahan yang baik termasuk pemberian pengawet atau fungisida hanya bisa bertahan 5-6 bulan saja.

Simak juga Mengubah Sabut Kelapa Menjadi Pot Tanaman yang Cantik

Demikian informasin bagaimana Cara Menghilangkan Zat Tanin Pada Sabut Kelapa. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan sobat tani sekalian. Salam Bertani!

Loading...

TIDAK ADA KOMENTAR

BERI BALASAN