Peternakan Hewan Unggas Cara Mengobati Penyakit Korep Pada Ayam Aduan

Cara Mengobati Penyakit Korep Pada Ayam Aduan

0
Bagikan

Kabartani.com – Penyakit korep atau kurap  adalah penyakit yang tidak menyebabkan kematian pada ayam. Penyakit ini ditandai dengan lapisan kulit berwarna putih dan mengelupas yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit ini umumnya menyerang pada bagian muka dan jengger, tetapi jika dibiarkan dapat menjalar keseluruh kulit pada tubuh ayam.

Penyakit korep memang tergolong penyakit ringan.  Akan tetapi yang namanya penyakit, penyakit kurap ini dapat menganggu kesehatan ayam. Selain itu juga merusak ketampanan ayam karena menyebabkan kebotakan. Oleh karena itu, penyakit korep ini juga harus diberantas hingga tuntas.

Sebelum kita membahas bagaimana penanganan terhadap penyakit kurap/korep pada ayam, ada baiknya kita mengetahui apa saja penyebab penyakit ini sehingga nantinya penyakit ini tidak datang kembali.

Ada beberapa penyebab penyakit kurap/korep, namun faktor utamanya adalah bakteri yang menyerang kulit. Penyebab munculnya penyakit ini diantaranya yaitu :

  • Kurang bersih dalam membasuh muka  saat memandikan ayam yang  tren/adu,
  • Menggunakan spon yang sama saat memandikan ayam,
  • Kurang terkena sinar matahari,
  • Udara yang lembab, dll.

Berikut adalah cara yang paling dianjurkan dalam mengatasi penyakit korep/kurap : menurut metodenya, ada 2 cara yang bisa ditempuh dalam mengatasi penyaikit kurap/korep, yaitu dengan obat luar seperti salep atau obat gosok dan obat oral.

Menggunakan Obat Luar

Jika kurap/korep masih  ringan, cukup gunakan minyak goreng bekas, dioles secara rutin sehari 2 kali selama seminggu. Bisa juga menggunakan betadin, caranya sebelum ditetesi, bagian yang terkena kurap dibersihkan dahulu.

Bisa juga menggunakan bawang putih yang ditumbuk halus lalu diolesi ke permukaan yang terkena kurap. Perlu diingat bahwa bawang putih adalah obat anti bakteri.

Jika kurap/korep  cukup menggangu, maka gunakanlah minyak goreng yang dicampur belerang, bisa juga diganti dengan minyak rem (DOT 3). Cukup oles secara rutin 2 kali sehari selama seminggu.

Jika penyakit korep/kurap cukup parah, gunakan salep ALBER-T yang telah terbukti sangat ampuh, akan tetapi salep ini sulit ditemui karena tergolong barang impor. Alternatif lain bisa gunakan salep anti bakteri lainnya seperti daktarin tetapi tidak dianjurkan salep yang terlalu keras seperti zoralin atau kalpanax.

Menggunakan  Obat Oral

Memeberi makan cicak sekali sehari selama 3 hari.  Pemberian cicak digunakan jika ayam yang terkena kurap/korep tidak terlalu parah. Pilihlah cicak yang berwarna cerah untuk pengobatan ini. Anda bisa juga menggunakan kadal, kadal juga terkenal mengobati penyakit kulit.

Jika penyakit kurap/ korep dikatakan sangat parah, maka siapkanlah 6  butir obat mizoral yang diberikan satu butir per hari selama seminggu.  Obat tersebut juga tergolong ampuh untuk mengatasi penyakit ini. Biasanya tidak sampai seminggu , kurapnya sudah mulai rontok.

Namun,  obat ini memiliki efek menurunkan stamina ayam. Oleh karena itu, jika ingin melagakan, butuh waktu untuk memulihkan staminanya ke kondisi prima. Alternatif lain, Nizoral, Ketosonasol, Formico, sesuai dosis.

Catatan !!

Dalam proses proses penyembuhan, jika kita menggunakan obat luar maka  kita harus mencabuti bulunya pada daerah kulit yang terkena kurap/korep. Alasanya agar tidak semakin menyeber dan saat kita mengolesi obatnya tidak terhalang oleh bulunya.

Dalam proses penyembuhan ayam tidap boleh terkena air. Jangan dimandikan meskipun tidak membasaih kepalanya. karena saat diumbar, ayam akan cendrung mematuk-matuk bulunya dan otomatis akan membasihi wajahnya secara tidak sengaja.

Simak juga :

Loading...

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here