Pertanian Rekayasa Tanaman Cara Mengombinasikan Beberapa Varietas Mangga Dalam Satu Pohon dengan Sambung Pucuk (Cleft...

Cara Mengombinasikan Beberapa Varietas Mangga Dalam Satu Pohon dengan Sambung Pucuk (Cleft Grafting)

0
Bagikan

Kabartani.com – Mengombinasikan beberapa varietas mangga dalam satu pohon induk dengan metode sambung pucuk (cleft grafting) ini sangat cocok sekali jika luas lahan yang sempit menjadi faktor pembatas sementara keinginan untuk menambah variasi varietas yang ingin dikoleksi sangat kuat.

Jika dalam satu pohon terdapat tiga varietas yang berbeda, maka dengan menanam 3 pohon saja, anda suda dapat memiliki 9 varietas mangga yang berbeda. Bayangkan jika kombinasinya menjadi 4 atau 5 varietas berbeda dalam 1 pohon, anda bisa memiliki 12 hingga 15 varietas berbeda hanya dengan menanam 3 pohon.

Tahapan sederhana untuk membuat mangga kombinasi, dan pembuatannya terbatas pada penggunaan teknik sambung pucuk yang relatif lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan penggunaan teknik penyambungan lainnya (sambung samping, sambung sisip, sambung susuan, maupun okulasi.

Berikut ini langkah-langkah mengombinasikan beberapa varietas Mangga dalam satu pohon dengan teknik Sambung Pucuk (Cleft Grafting):

Contoh bibit mangga Chokanan bercabang primer 3 yang akan disambung
Contoh bibit mangga Chokanan bercabang primer 3 yang akan disambung

Siapkan bibit mangga yang memiliki tinggi sekitar 1,5 – 2 meter, serta memiliki percabangan primer 25 cabang.

3 cabang primer yang seimbang, baik ukuran maupun arah percabangannya
3 cabang primer yang seimbang, baik ukuran maupun arah percabangannya

Ini bertujuan untuk memperoleh bibit berukuran besar yang relatif lebih cepat pertumbuhannya sekaligus diharapkan lebih cepat berbunga dan berbuah jika ditanam di lahan depan/belakang rumah maupun di kebun.

Mangga Okyong bercabang 5 berukuran besar (2 meter)
Mangga Okyong bercabang 5 berukuran besar (2 meter)
Loading...

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here