Cara Mengombinasikan Beberapa Varietas Mangga Dalam Satu Pohon Dengan Sambung Pucuk (Cleft...

Cara Mengombinasikan Beberapa Varietas Mangga Dalam Satu Pohon Dengan Sambung Pucuk (Cleft Grafting)

0
SHARE

KABARTANI.COM – Mengombinasikan beberapa varietas mangga dalam satu pohon induk dengan metode sambung pucuk (cleft grafting) ini sangat cocok sekali jika luas lahan yang sempit menjadi faktor pembatas sementara keinginan untuk menambah variasi varietas yang ingin dikoleksi sangat kuat.

Jika dalam satu pohon terdapat tiga varietas yang berbeda, maka dengan menanam 3 pohon saja, anda suda dapat memiliki 9 varietas mangga yang berbeda. Bayangkan jika kombinasinya menjadi 4 atau 5 varietas berbeda dalam 1 pohon, anda bisa memiliki 12 hingga 15 varietas berbeda hanya dengan menanam 3 pohon.

Tahapan sederhana untuk membuat mangga kombinasi, dan pembuatannya terbatas pada penggunaan teknik sambung pucuk yang relatif lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan penggunaan teknik penyambungan lainnya (sambung samping, sambung sisip, sambung susuan, maupun okulasi.

Berikut Langkah-langkah Mengombinasikan Beberapa Varietas Mangga Dalam Satu Pohon Dengan Sambung Pucuk (Cleft Grafting):

Contoh bibit mangga Chokanan bercabang primer 3 yang akan disambung
Contoh bibit mangga Chokanan bercabang primer 3 yang akan disambung

Siapkan bibit mangga yang memiliki tinggi sekitar 1,5 – 2 meter, serta memiliki percabangan primer 2 hingga 5 cabang.

3 cabang primer yang seimbang, baik ukuran maupun arah percabangannya
3 cabang primer yang seimbang, baik ukuran maupun arah percabangannya

Ini bertujuan untuk memperoleh bibit berukuran besar yang relatif lebih cepat pertumbuhannya sekaligus diharapkan lebih cepat berbunga dan berbuah jika ditanam di lahan depan/belakang rumah maupun di kebun.

Mangga Okyong bercabang 5 berukuran besar (2 meter)
Mangga Okyong bercabang 5 berukuran besar (2 meter)

Hampir semua varietas mangga bisa dijadikan batang induk, namun yang paling mudah ditemukan di pasaran adalah mangga varietas manalagi, okyong, namdokmai, dan chokanan.

Keempat varietas mangga tersebut juga mudah disambung dengan entres yang berasal dari varietas-varietas mangga lain.
Cari bibit sehat, yang ditandai dengan daun yang tumbuh sempurna, daun berwarna hijau segar dan tidak terdapat tanda-tanda serangan hama dan penyakit.

Perompesan daun mangga
Perompesan daun mangga

Pilih ruas pada cabang primer yang hendak disambung lalu hilangkan daun pada bagian yang akan menjadi titik penyambungan agar memudahkan pada saat proses penyambungan, dengan demikian pada titik sambungan akan terlihat lebih rapi.

Pada saat bersamaan, pilih tunas calon entres yang berasal dari varietas mangga pilihan yang ingin disambung dan dikombinasikan menjadi satu pohon.

Rompes daun mangga

Rompeslah (hilangkan) semua daunnya seperti pada gambar diatas, hanya menyisakan tangkai daun yang akan lepas dengan sendirinya 5-7 hari pasca perompesan.

Tujuan perompesan daun adalah untuk merangsang tumbuh dan buntingnya mata tunas, baik itu mata tunas pada bagian ujung (tunas apikal) maupun mata tunas pada ketiak daun (tunas lateral).

Mangga 2 Entres Gundul
Mangga 2 Entres Gundul

Metode perompesan ini bukanlah hal mutlak yang harus dilakukan namun teknik ini sangat membantu mempercepat pertunasan sebelum pengambilan entres sekaligus mempercepat pertunasan pasca penyambungan dilakukan.

 

Pada foto di atas, dapat diperoleh setidaknya 2 potong entres untuk disambungkan, entres pada bagian ujung serta entres pada bagian bawahnya (bukan tunas ujung). Keduanya dapat digunakan pada proses penyambungan berikutnya.

Mangga 5 potong cabang
Mangga 5 potong cabang

Sepert gambar diatas. Potong cabang yang telah dirompes daunnya menggunakan silet. Jika diameter cabang terlalu besar, gunakan pisau tajam, potong dengan sekali iris untuk menghindari memar batang pada bagian ujung yang hendak disambung.

Mangga 6 Belah entres
Mangga 6 Belah entres

Belah cabang pada bagian tengah cabang, kemudan tarik silet (atau pisau tajam) dari arah atas ke bawah dengan tarikan yang teratur secara perlahan untuk membentuk bidang iris yang halus tanpa menimbulkan serat kayu sama sekali.

Mangga 4 potong entres

Potong entres (yang telah dirompes daunnya setidaknya seminggu sebelum disambung) dengan panjang entres disesuaikan dengan kebutuhan. Jika ruas antar mata tunas cukup panjang, potong entres menjadi 2 atau 3 potongan entres, masing-masing dengan 2 atau 3 mata tunas. Namun jika ruas antar mata tunas sangat pendek, jadikan satu potongan entres saja dengan beberapa mata tunas sekaligus

Buat bidang iris entres
Buat bidang iris entres
Entres siap sambung
Entres siap sambung

Buat bidang iris pada pangkal entres membentuk huruf “V” sepanjang 2 hingga 2,5 cm saja, dengan irisan yang rapi dan halus tanpa serat sama sekali.

Entres masuk celah
Entres masuk celah

Masuk dan selipkan pangkal entres ke dalam cabang yang telah dibelah sebelumnya. Geser entres ke arah luar untuk mempertemukan kambium entres dengan kambium batang induk, tidak boleh ada perbedaan ketinggian di permukaan bagian luar pada bidang pertemuan antara entres dan batang induk, permukaan pada pertemuan antara entres dan batang induk harus rata.

Jika diameter entres lebih kecil atau bahkan lebih besar dibanding diameter batang induk, geser entres pada bagian kiri atau kanan saja (bukan pas di bagian tengah), untuk mempertemukan jaringan kambium keduanya pada salah satu sisi saja (tepi kanan saja atau tepi kiri saja)

Ikat dengan plastik es
Ikat dengan plastik es

Ikat dengan tali plastik es mambo yang diiris selebar 1,5 cm. Tali plastik jenis ini sangat lentur jika ditarik namun sangat kuat dan sangat lentur, dan kelenturannya yang tinggi tersebut yang dimanfaatkan untuk menjepit entres di tengah belahan batang induk dengan kuat. Ikat titik sambungan dimulai dari bagian bawah melilit ke arah bagian atas

Ikatan plastik tidak perlu terlalu rapat menutup seluruh permukaan sambungan, cukup dililitkan sambil ditarik ke arah atas. Jangan terlalu khawatir celah sambungan yang tidak tertutupi oleh ikatan plastik akan kemasukan air. Uap air yang terbentuk saat penyungkupan tidak akan menyebabkan kegagalan penyambungan sepanjang kambium entres bertemu dengan kambium batang bawah.

Sungkup dengan plastik
Sungkup dengan plastik

Sungkup sambungan dengan plastik es mambo berukuran lebar 4 cm dan panjang minimal 20 cm, menutupi seluruh entres, titik sambungan, hingga batang bawah sepanjang sedikitnya 5 – 6 cm.

Karena ukurannya yang sempit, plastik penyungkup tidak perlu diikat pada bagian bawahnya, cukup dibiarkan sebagaimana yang terlihat pada foto di atas. Dalam waktu singkat akan terbentuk iklim mikro dengan kelembaban yang tinggi di dalam sungkup plastik.

Kelembaban yang tinggi inilah yang membantu entres mengurangi laju evapotranspirasi (penguapan akibat proses transpirasi atau pernafasan). Di luar itu, uap air yang terbentuk akibat kelembaban yang tinggi akan mengalir ke bawah akibat gaya gravitasi, oleh karena itu plastik bagian bawah tidak perlu diikat sama sekali.

Berikan label berisi informasi nama varietas yang disambungkan dan waktu penyambungan untuk menandai setiap cabang dari beberapa cabang yang disambung bersamaan atau berbeda waktunya.

Letakkan bibit mangga yang telah selesai disambung di bawah naungan sinar matahari

Letakkan bibit mangga yang telah selesai disambung di bawah naungan dengan intensitas penyinaran maksimum 50%. Intensitas penyinaran lebih dari 50% akan membuat evapotranspirasi berjalan sangat cepat dan kondisi tersebut dapat membuat entres mengering dan akhirnya menggagalkan proses penyambungan.

Sementara jika intensitas penyinaran kurang dari 50% akan menghambat proses fotosintesis bagi tanaman dalam menghasilkan energi sehingga pertumbuhan tanaman secara keseluruhan akan terhambat, termasuk menghambat proses penyatuan sambungan.

Tunas pada entres akan mulai pecah menjadi bakal daun pada hari ke 7
Tunas pada entres akan mulai pecah menjadi bakal daun pada hari ke 7

Tunas pada entres akan mulai pecah menjadi bakal daun pada hari ke 7 (tercepat berdasarkan pengalaman penulis) hingga hari ke 21 satu pasca sambung. Biarkan tunas membentuk daun kecil terlebih dahulu sebelum melepas plastik sungkupnya. Jika plastik sungkup berukuran kecil, jangan biarkan hingga daun tumbuh membesar karena plastik akan menjadi lebih sulit untuk dilepaskan, sementara kerusakan daun akibat pelepasan plastik sungkup juga akan semakin besar. Jika plastik sungkup terlambat dibuka, juga dapat menyebabkan bentuk daun akhirnya menjadi cacat (menekuk atau bengkok).

14

Jangan khawatir daun akan mengering pasca pelepasan plastik sungkup jika tanaman berada di bawah naungan (naungan sekitar 50%), karena secara perlahan-lahan daun akan tumbuh membesar membentuk daun sempurna. Pada kondisi seperti ini, jaga dengan baik pertumbuhan daun dari serangan hama, terutama kutu putih, kepik pemakan daun, lalat daun yang bertelur di daun muda membentuk benjolan kecil di permukaan daun, maupun walangsangit yang menusuk dan menghisap cairan sel-sel daun sehingga daun akan menghitam dan layu. Jika diperlukan, semprotkan larutan insektisida konsentrasi rendah (0,01%) yang mengandung bahan aktif karbosulfan, deltametrin, sipermetrin, lambda sihalotrin, maupun abamektin yang berfungsi untuk melindungi daun muda dari serangan hama-hama perusak daun muda yang telah disebutkan di atas.

14a

Perlahan-lahan daun akan tumbuh dan berkembang dengan baik membentuk daun sempurna meski pada kondisi seperti ini masih sangat rawan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh faktor fisik (suhu tinggi akibat sinar matahari), faktor kimia (kekurangan air pada media tanam), maupun faktor biologis (serangan hama dan penyakit tanaman)

Daun yang tumbuh dan berkembang secara sempurna
Daun yang tumbuh dan berkembang secara sempurna

Daun yang tumbuh dan berkembang sempurna

Daun yang telah telah terbentuk dengan sempurna. Pada kondisi seperti ini, tanaman telah dapat dipindah ke tempat terbuka untuk mendapatkan penyinaran matahari secara penuh, agar daun bisa segera berfotosintesis secara normal dan menghasilkan pertumbuhan tanaman yang lebih baik.

ikatan plastik bisa dibuka 60 hari pasca sambung

Ikatan plastik bisa dibuka 60 hari pasca sambung dan ada baiknya untuk mengikat kembali pada bagian atas titik sambungan. Hal ini bertujuan untuk menghindari patahnya entres pada titik sambungan (akibat angin kencang misalnya) sekaligus memberikan kesempatan pembentukan jaringan “kalus” yang rapi pada titik sambungan tersebut. Ikatan plastik yang kedua ini dapat dilepas seluruhnya 90 hari pasca sambung karena sambungan telah menyatu dengan sempurna.

4 varietas mangga berbeda yang telah menyatu sempurna

4 varietas mangga berbeda yang telah menyatu sempurna pada 4 cabang yang berbeda, 90 hari pasca sambung, pada saat semua ikatan plastiknya telah dibuka.

Pembentukan jaringan "kalus"

Pembentukan jaringan “kalus” pada titik sambungan, 90 hari pasca sambung.

Pembentukan jaringan "kalus" berkembang

Jaringan “kalus” yang telah terbentuk dengan sempurna 180 hari pasca sambung.

Penyatuan sempurna antara entres dengan batang induk

Penyatuan sempurna antara entres dengan batang induk pada umur setahun pasca sambung.

Mangga three in one dengan postur bibit cebol karena percabangan primer yang pendek

Mangga five in 1 berpostur tinggi, sangat cocok untuk ditanam di halaman atau kebun
Mangga five in 1 berpostur tinggi, sangat cocok untuk ditanam di halaman atau kebun

Mangga three in one dengan postur tinggi, cukup ideal untuk ditanam di halaman atau kebun

Itulah informasi tentang bagaimana Cara Mengombinasikan Beberapa Varietas Mangga Dalam Satu Pohon Dengan Sambung Pucuk (Cleft Grafting), cukup mudah bukan? tapi memerlukan kesabaran yang ekstra untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba. Jika ada yang ditanyakan, silahkan berkomentar dibawah ini. Terima kasih.