Cara Mengukur Luas Lahan dengan Google Maps

Cara Mengukur Luas Lahan dengan Google Maps

0
Bagikan

Kabartani.com – Bagaimana sih Cara Mengukur Luas Lahan dengan Google Maps? mari kita bahas. Pengukuran berapa luas lahan secara akurat merupakan langkah awal dari penentuan perkiraan produksi setiap musim panen pada suatu daerah. Dalam mengukur luas lahan ada beberapa cara.

Cara tradisional dalam menentukan luas sawah ialah dengan bertanya kepada setiap petani yang mengelola sawah sehingga diperoleh angka-angka seperti: ¼ ha, ½ ha, ¾ ha atau 1 ha. Angka ini tidaklah akurat karena angka perkiraan semata. Dan angka ini biasanya sudah ada pada RDKK kelompok tani yang dibuat dengan bimbingan PPL.

Cara yang lebih akurat dengan mengambil angka luas sawah pada UPJA penyewaan handtraktor. Untuk mendapatkan data tersebut tentu harus bekerjasa dengan UPJA tetapi, tidak semua sawah diolah dengan traktor.

Cara yang paling mudah dan paling akurat adalah mengukur luas sawah melalui google maps. Google Maps yang biasa digunakan sebagai penunjuk arah, ternyata juga dapat kita gunakan untuk mengukur jarak dan luas lahan misalnya luas lahan sawah.

Untuk mengetahui luas lahan dengan googlemaps ikutilah langka-langkah sebagai berikut:

1. Bukalah situs Google Maps (https://www.google.co.id/maps) melalui web browser seperti firefox, google chrome dll.

2. Pilihlah mode satelit untuk penampakan muka bumi dari satelit. Lalu carilah lokasi sawah yang akan anda ukur. Atur pembesaran maksimal atau sesuai dengan keperluan, serendah-rendahnya 1:5000.

Gambar 1. Pilih mode “Satellite”

3. Tempatkan kursor pada awal titik pengukuran lalu klik kanan; seperti contoh pada gambar berikut untuk mengukur luas lahan sawah di Desa Planggu, Trucuk, Klaten.

4. Klik “Measure distance” ata “Ukur jarak” lalu klik tepi-tepi lahan (batas terluar yang akan diukur) pada bebepa titik hingga kembali pada titik awal.

Gambar 2. Klik kanan, lalu pilih “Measure distance”

5. Total area menunjukkan luas sawah 60,938.75 m2 atau 6,09 ha, sedangkan “Total distance” menunjukkan keliling sawah tersebut.

Gambar 3. Hasil pengukuran luas lahan sawah

6. Cara ini juga dapat dipakai untuk menghitung luas tambak, kebun, hutan dll.

Jika kurang jelas, silahkan simak videonya DISINI

Simak juga 

Demikian informasi mengenai bagaimana Cara Mengukur Luas Lahan dengan Google Maps. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat tani sekalian. Terima kasih.

Loading...

TIDAK ADA KOMENTAR

BERI BALASAN