Cara meningkatkan hasil getah karet

Cara meningkatkan hasil getah karet

0
Bagikan

KABARTANI.COM – Cara meningkatkan hasil getah karet, Karet yang dalam bahasa latinnya Hevea Braziliensis Muell.Arg. menurut sejarah karet berasal dari Amerika Selatan tepatnya dihutan Amazon, Brazil.

Karet menjadi komoditas ekspor bagi Indonesia, dimana hasil dari getah yang disadap dari batangnya termasuk sumber devisa negara terbesar dari produk non migas.

Indonesia masuk dalam tiga negara didunia penghasil karet terbesar setelah Malaysia, dan Thailand. akan tetapi pasar internasional masih dikuasai oleh Thailand dan Malaysia.

Indonesia memiliki lahan yang mencapai 2,3 – 3 juta hektar, dengan luas lahan sebegitu besar akan tetapi tak berimbang dengan hasil produksi getah yang dihasilkan.

mengingat hal diatas maka perlu dilakukan peningkatan hasil getah karet, adapun cara meningkatkan getah karet adalah dengan cara pemberian stimulator dan ethrel.

fungsi dari stimulator tersebut adalah untuk membantu produksi getah karet sehingga jumlah getahnya dapat meningkat.

sedangkan Ethrel LS adalah plant growth regulator yang dipergunakan untuk menstimuli aliran latex pada pohon karet dengan cara kerja sistemik yaitu masuk ke dalam lapisan tanaman dan mengalami dekomposisi menjadi ethylene, yang dapat memepengaruhi proses pertumbuhan.

Untuk stimulator kita bisa gunakan bawang merah yang dapat meningkatkan produktifitas getah karet.

Berdasarkan studi pustaka, kandungan bawang merah dapat menghambat aktivitas mikroba yang berada di dalam lateks, dan dapat melancarkan aliran lateks yang keluar

Loading...

TIDAK ADA KOMENTAR

BERI BALASAN