Cara Meningkatkan Stamina dan Daya Tahan Tubuh Pada Kambing Ternak

Cara Meningkatkan Stamina dan Daya Tahan Tubuh Pada Kambing Ternak

0
SHARE

KABARTANI.com, Meningkatkan stamina, dan daya tahan tubuh kambing merupakan salah satu hal yang penting untuk perhatikan. Biasanya, selain perubahan suhu dan musim, kambing yang usai dari perjalanan jauh masih dalam proses adaptasi atau penyesuaian terhadap lingkungan barunya, kambing akan mengalami penurunan stamina, daya tahan tubuh yang lemah dan stress yang tinggi, hal ini dapat menyebabkan ternak kambing mudah terserang berbagai penyakit yang dapat berujung pada kematian.

Tak hanya masalah stamina dan daya tahan tubuh saja, menjaga kebersihan ternak dan lingkungan, pemberian pakan yang cukup (kualitas dan kuantitas), bersih dan tidak beracun juga perlu dilakukan agar ternak kambing tidak mengalami stress.

Tanda klinis : Kambing terlihat menjadi lesu atau tidak bergairah. Nafsu makan berkurang bahkan hilang. Kambing terlihat sering duduk-duduk.

Pencegahan :
Tempatkan kambing pada kandang/lokasi yang teduh. Hindari kegaduhan atau kegiatan yang membuat ternak kaget. Berikan pakan sesuai daerah asal (ramban yang sudah layu ± 3 jam).

Pengobatan jamu :

  1. Larutkan gula merah ¼ kg dicampur asam jawa secukupnya. Jamu ini diberikan setelah kambing sampai di kandang atau dari perjalanan jauh (pra droping), cuaca di sekitar kandang memburuk (terik panas/hujan) dan pada saat satu bulan pertama droping/adaptasi. Jamu ini diberikan 1 satu minggu satu kali dan dua hari berturut-turut sesaat setelah droping.
    2. Madu ¼ gelas dicampur dengan kuning telur itik 1 butir. Berikan jamu ini dengan cara diminumkan.

Baca juga

Itulah informasi bagaimana Cara Meningkatkan Stamina dan Daya Tahan Tubuh Pada Kambing Ternak, semoga informasi ini bermanfaat bagi sobat tani semuanya. Terima kasih.