Cara Mudah Bertani Pepaya Di Halaman Rumah

Cara Mudah Bertani Pepaya Di Halaman Rumah

0
SHARE
KabarTani.com-Buah papaya merupakan buah yang banyak sekali mengandung vitanamin A, harganya yang terjangkau dan mudah didapat adalah alasan banyak orang untuk memilih papaya sebagai buah yang dikonsumsi setiap hari. Bagi petani tanaman papaya merupakan tanaman yang sangat mudah dibudidayakan. Komoditas tanaman papaya tidak hanya dari buahnya saja tetapi daun papaya juga mempunyai nilai ekonomis tersendiri, karena bisa dimanfaatkan sebagai lauk, terutama untuk masakan-masakan padang. Oleh karena itu banyak petani yang tertarik membudidayakan tanaman papaya. Berikut cara sederhana membudidayakan tanaman papaya.

Tahap Pembibitan

Kita sebaiknya menggunakan jenis papaya yang super, yang mempunyai buah besar dan banyak untuk digunakan sebagai bibit. Sebelum papaya ditanam dilahan terbuka sebaiknya kita semaikan dulu di polybag ukuran 20x15cm, diisi dengan media tanam berupa tanah (20 liter) yang telah dicampur dengan pupuk kandang (20 liter), pupuk TSP (50 gram), dan Natural GLIO (30 gram).

Tahap Persiapan Media Tanam

Hal yang pertama dilakukan untuk persiapan lahan penanaman tanaman papaya ialah membersihkan lahan, dan melakukan pengolahan tanah dengan cara menggemburkan tanah. Setelah itu kita bisa berikan pupuk kandang pada lahan. Tetapi apabila keasaman tanah dibawah angka 5 kita harus memberikan dolomit sekitar 5kg per halaman.

Media tanam pohon pepaya biasanya dibuat berupa bedengan – bedengan dengan lebar sekitar 2 hingga 2,5 meter dan tinggi 20 hingga 50 cm. Jarak antar bedengan sendiri dibuat sekitar 60 cm sebagai saluran drainase air.

Tahap Penanaman

Bibit papaya siap ditanam dilahan terbuka pada usia lebih kurang 1,5 hingga 2 bulan. Untuk memindahkan benih dari polybag ke lahan, Anda tinggal merobek plastik polybag (pastikan tanah di polybag tidak hancur), lalu membenamkan bibit pepaya ke dalam lubang tanam yang telah disiapkan sebelumnya.

Tahap Pemeliharaan

Tanaman pepaya cenderung jauh lebih mudah dalam perawatan dan pemeliharaannya. Tanaman papaya hanya membutuhkan penyiraman, penyiangan dan pemupukan. Penyiraman hanya dilakukan pada musim kemarau saja, bisa dengan cara membuatkan dreinase yang ada di sela-sela bedengan.

Pemupukan biasanya dilakukan 3x ketika tanaman berusia satu minggu dengan komposisi (25 gram urea, 25 gram KCL, 50 gram ZA dan 50 gram TSP), dan ketika tanaman berusia 3 bulan dengan komposisi (50 gram urea, to gram KCL, 75 gram ZA dan TSP), serta ketika tanaman berusia 6 bulan (50 gram urea, to gram KCL, 75 gram ZA dan TSP)

Tahap Pemanenan

Tanaman pepaya biasanya sudah dapat dipanen ketika berusia 9 hingga 11 bulan. Buah pepaya yang siap dipanen memiliki ciri berukuran besar dan memiliki garis semburat kekuningan.