Cara Mudah Budidaya Buah Tin Dengan Stek Sungkup

Cara Mudah Budidaya Buah Tin Dengan Stek Sungkup

2
SHARE

Kabartani.com- Buah Tin (Ficus carica L.) adalah sejenis tumbuhan penghasil buah-buahan yang dapat dimakan, buah tin berasal dari Asia Barat. Buahnya bernama sama, yaitu buah TIN. Nama ini diambil dari bahasa Arab (at-tin), juga dikenal dengan nama “Ara” (buah ara / pohon ara) sedangkan dalam bahasa Inggris disebut fig, dimana sebenarnya pohon tin masih termasuk kerabat pohon beringin

Budidaya buah Tin dapat dilakukan dengan hal berikut:

1.Dengan Menanam Biji

Budi daya dengan Menebar Biji, ini memerlukan waktu yg lama. Berdasarkan literatur yg saya baca Pohon Tin bisa tumbuh puluhan cm bila telah berumur di atas 1 tahun

2. Cangkok

Cangkok, merupakan pembudidayaan Tin yang sering dilakukan oleh banyak orang karena tingkat keberhasilannya lebih tinggi dibanding Stek (bisa mencapai 100%).

3.  Stek

untuk Pembudidayaan dengan stek ini ada 2 cara yang digunakan, yang pertama batang pohon langsung ditancapkan pada tanah (bisa 1 pot isi 1 batang atau 1 pot isi 2 batang) dan yang kedua dengan cara Sungkup.

Berikut akan saya ulas sedikit cara budidaya tanaman Tin dengan Stek Sungkup.

Caranya sebagai berikut :

  1. Pertama kita Siapkan pot/ polybag dan masukan tanah subur tanpa pupuk kandang.
  2. Sirami tanah dengan menggunakan air sampai rata dan biarkan selama 1 – 2 jam.
  3. Kemudian Tancapkan batang-batang Pohon Tin sedalam 5 – 10cm.
  4. Siapkan plastik bening dan tutup sampai rapat batang-batang Pohon Tin tersebut.
  5. Setelah itu biarkan selama 2 minggu sampai keluar tunas-tunas kecil (tanpa dibuka sama sekali tapi ada juga Sungkup/ plastik tersebut dibuka setiap 2 hari sekali).
  6. Setelah 2 minggu plastik dibuka, pohon diangin-anginkan, letakkan ditempat yg agak teduh, dan biarkan selama 1 minggu.Pindahkan setiap pohon ke pot/ polybag.