Cara Mudah Membooster Kelengkeng Agar Mau Berbuah

Cara Mudah Membooster Kelengkeng Agar Mau Berbuah

0
SHARE

KABARTANI.COM-Seringkali kita jumpai tanaman kelengkeng yang sudah berumur bertahun-tahun akan tetapi tidak mau berbunga. Sudah berbagai cara kita lakukan akan tetapi tanaman kelengkeng tersebut tetap saja tidak mau berbunga.

Untuk kelengkeng yang tidak mau berbuah tersebut sebenarnya bisa diatasi akan tetapi memerlukan sedikit perlakuan khusus untuk membungakan kelengkeng. Salah satunya dengan cara booster, kita bisa mengaplikasikan lengkeng booster yang saat ini sudah sangat banyak sekali kita jumpai di toko-toko pertanian. Pupuk booster adalah semacam pupuk yang mengandung unsur N, P, K, asam amino, dan juga mengandung potasium chlorat(yang dikenal sebagai bahan peledak, salah satu bahan pembuat kembang api)

Dipasaran banyak sekali berbagai macam pupuk booster untuk kelengkeng ini dan terdapat beberapa merk yang sangat mudah kita temui diantaranya: dalah dengan merk dagang : NASA, Nutrileng, Amazing Grow, Nongfeng, Farmpion, Vitalongan dll.

Cara pengaplikasian booster kelengkeng sudah ada petunjuknya dalam kemasan produk, akan tetapi ada hal-hal yang perlu kita perhatikan dalam membooster kelengkeng diantaranya:

  • Sebelum dilakukan pemboosteran sebaiknya tanaman kelengkeng yang akan di booster diberikan nutrisi yang cukup
  • Pembosteran paling baik dilakukan saat daun tanaman sedang tua, dan tidak ada kuncup daun yang muda
  • Kita siram tanaman dengan menggunakan air yang telah dicampur larutan booster, larutan tersebut disiramkan disekitar pangkal tanaman yang masih terjangkau akar, larutan disiramkan sedikit demi sedikit hingga terserap sempurna.
  • Pengaplikasian booster ini jangan dilakukan pada saat musim hujan karena larutan booster bisa habis tersapu air hujan
  • Setelah aplikasi, rawat tanaman seperti biasa. Jarak seminggu dari aplikasi cukup di siram air biasa, setelah 30-45 hari pohon akan keluar bunga bersamaan dengan kuncup daun