Sarana & Prasarana Pupuk & Pestisida Cara Mudah Membuat Bubur California 100% Berhasil

Cara Mudah Membuat Bubur California 100% Berhasil

0
Bagikan

Kabartani.comBubur california merupakan pestisida kimia yang dapat kita buat sendiri dengan menggunakan bahan baku seperti belerang, kapur (gamping), air dan sebagainya. Bubur california merupakan pestisida alternatif yang dapat kita gunakan untuk mengatasi beberapa jenis hama dan penyakit tanaman, khususnya tanaman jeruk.

Bubur california dipercaya sangat efektif dalam mengatasi serangan hama dan penyakit tanaman yang disebabkan oleh cendawan atau jamur dan jenis-jenis tertentu dari golongan akarina.

Penyakit blendok atau cendawan dan jamur kerak yang biasa menyerang batang dapat dikendalikan dengan bubur california, begitu juga tungau yang biasa menyerang daun dan buah, serta bisa untuk mencegah gangguan atau serangan dari hama dan penyakit lainnya.

Pengendalian secara kimiawi dengan bubur california dianggap perlu dilakukan setelah monitoring sebaran hama dan tingkat keparahan serangan hama dan penyakit terhadap tanaman.

Pembuatan Bubur California

Bahan-bahan :

  • 1 kg belerang
  • 2 kg kapur tohor/gamping
  • 10 liter air

Cara pembuatan :

Gambar 1. Proses pembuatan Bubur California (sumber foto : Youtube/Balitjestro Indonesia)
  • Bagi 10 liter air menjadi 2 bagian masing-masing 5 liter, kemudian 5 liter air dipanaskan, kemudian dimasukan 1 kg belerang dan diaduk terus-menerus,
  • Air 5 liter-nya lagi dicampur dengan 2 kg kapur kemudian diaduk sampai merata,
  • Setelah larutan belerang sudah mendidih, kemudian masukan larutan air kapur sedikit demi sedikit sambil terus diaduk,
  • Rebus sampai larutan berubah warna menjadi kuning kemerahan, kemudian didinginkan,
  • Setelah dingin, bubur california dapat disimpan dalam botol atau jerigen,
  • Diamkan selama satu malam dalam botol atau jiregen maka akan terpisah air jernih pada bagian atas dan endapan pada bagian bawah yang berarti bubur california siap digunakan,

Cara aplikasi Bubur California

Gambar 2. Cara aplikasi bubur california (sumber foto : Youtube/Balitjestro Indonesia)

Pengaplikasian Bubur California dapat dilakukan dengan dua (2) cara yaitu :

1. Penyaputan batang utama dan cabang

Sebelum dilakukan penyaputan bagian tanaman yang akan disaput di bersihkan terlebih dahulu dengan cara disikat. Botol bubur california dikocok-kocok terlebih dahulu agar endapan dapat bercampur dengan air dan langsung dilakukan penyaputan.

2. Penyemprotan

Penyemprotan di lakukan dengan mencampur larutan yang jernih bagian atas bubur california dengan air bersih. Untuk satu buah tangki solo dapat di campurkan satu gelas bubur california.

Untuk pencegahan terhadap hama dan penyakit dapat dilakukan 2 (dua) kali dalam setahun yaitu pada awal dan akhir musim hujan. Demikian sedikit informasi mengenai cara pembuatan bubur california untuk pengendalian hama dan penyakit pada tanaman, semoga bermanfaat bagi sobatani sekalian. Terima kasih,

Simak juga :

REVIEW OVERVIEW
Bubur California
Loading...

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here