Peternakan Ternak Serangga Cara Mudah Mendatangkan Lalat BSF dan Maggot BSF

Cara Mudah Mendatangkan Lalat BSF dan Maggot BSF

0
Bagikan

Kabartani.comManggot BSF adalah larva dari jenis lalat Black Soldier Fly (Hermetia illucens), maggot ini sudah tentu mengandung protein yang tinggi, bisa dikatakan 100% nya adalah protein hewani. Pertanyaannya, apakah maggot BSF ini aman untuk dikonsumsi ternak kita?

Jawabannya tentu saja aman, karena maggot ini berasal dari lalat BSF, dan lalat jenis ini bukan lalat penyebar penyakit seperi lalat hijau yang kerap menyebar penyakit. Karena lalat hijau kerap hinggap dan bertelur di tempat-tempat yang berbau busuk dan amis seperti bangkai, kotoran, dll.

Sedangkan lalat BSF ini hanya berada disekitar bahan-bahan yang mengandung fermentasi, artinya media-media yang bersih. Lalat ini tidak pernah hinggap langsung di media yang kotor dan busuk, melainkan hanya akan mendatangi disekitar media beraroma fermentasi.

Dalam budidaya maggot BSF ini sangat mudah dan murah, terutama dilakukan di pedesaan karena lalat BSF banyak di jumpai. Namun di perkotaan, lalat jenis ini sebenarnya ada namun jarang sekali ditemui. Oleh karena itu untuk mendatangkannya perlu ramuan khusus.

Bagaimana Cara Mendatangkan Lalat BSF?

Seperti yang sudah dijelaskan diawal, lalat BSF ini menyukai media yang beraroma fermentasi. Biasanya mereka akan datang dengan sendirinya untuk bertelur. Oleh karena itu, kita hanya perlu membuat media berfermentasi untuk memancing lalat BSF datang bertelur, sekaligus sebagai media pakan bagi maggot lalat BSF nantinya.

Bahan-bahan

  • Dedak/bekatul 5 kg
  • Air 1 liter
  • Gula pasir 5 sdm
  • EM4 atau bisa diganti dengan yakult 1 botol
  • Bumbu masak Royco 1 bungkus

Peralatan

  • 1 Ember besar dan 1 ember kecil
  • Kantong plastik bening
  • Karet/tali rafia
  • Daun pisang/kertas nasi bungkus

Cara pembuatan:

Langkah 1. Siapkan ember kecil yang sudah diisi air sebanyak 1 liter, kemudian tambahkan gula pasir sebanyak 5 sdm dan tambahkan juga EM4 satu tutup botol atau diganti menggunakan Yakult sebanyak 1 botol (gunakan salah satu saja), lalu aduk merata.

Langkah 2. Kemudian siapkan dedak sebanyak 5 kg, dan masukkan dalam ember besar, tambahkan 1 bungkus bumbu masak Royco agar aromanya lebih menyengat, sehingga lalat-lalat BSF datang. Aduk hingga rata sempurna.

Langkah 3. Campurkan larutan pertama sedikit demi sedikit kedalam campuran dedak, aduk hingga rata (usahakan adonan remah tidak terlalu basah dan tidak terlalu kering).

Langkah 4. Masukkan adonan dedak tersebut kedalam kantong plastik bening (jangan sampai penuh, cukup separuh saja) untuk memberikan ruang udara, karena selama proses fermentasi dedak tersebut akan mengeluarkan gas. Ikat ujung plasting dengan karet atau tali rafia. Kemudian simpan di tempat sejuk dan biarkan selama 4 – 5 hari. Selama itu akan terjadi proses fermentasi ditandai dengan kantong plastik yang mengembang.

Langkah 5. Setelah 4 – 5 hari plastik sudah bisa dibuka dan tuangkan kedalam ember. Tanda fermentasi yang berhasil adalah adanya aroma sepeti tape atau roti yang baru keluar dari mesin oven.

Langkah 6. Selanjutnya dedak hasil fermentasi ditutup dengan daun pisang atau bisa juga menggunakan kertas bungkus nasi, dengan bagian yang ada lapisan plastiknya menghadap kebawah. Agar aman dari gangguan hewan lain, tutupi ember dengan menggunakan kawat ram.

Aroma fermentasi inilah yang akan memancing lalat BSF untuk datang dan bertelur. Anda tinggal bersabar menunggu selama 1 – 3 hari, bisa lebih. Ketika datang, lalat BSF akan bertelur tapi tidak di dedaknya langsung, melainkan disekitar fermetasi dedak, bisa dipinggir ember atau di tutup ram.

Simak juga : Pemanfaatan Lalat BSF sebagai Agen Biokonversi sekaligus Sumber Protein Alternatif Pakan Ternak

Setelah bertelur, biasanya 2 – 3 hari telur-telur tersebut akan menetas, dan bayi-bayi maggot ini dengan sendirinya akan bergerak menuju dedak fermetasi sebagai sumber maakanan dan media hidup bagi maggot lalat BSF. Dalam seminggu setelah menetas, magot-magot kecil ini sudah terlihat jelas. Memasuki umur 2 – 3 minggu maggot-maggot sudah besar dan siap untuk dipanen.

Loading...

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here