Peternakan Pakan Ternak Cara Mudah Menyusun Pakan Ternak Dari Limbah Pertanian

Cara Mudah Menyusun Pakan Ternak Dari Limbah Pertanian

0
Bagikan

Kabartani.com – Tak sedikit peternak yang tak jarang bimbang untuk menyusun ransum sederhana dengan bahan-bahan pakan limbah pertanian yang terdapat di daerah mereka. Biasanya mereka bimbang menentukan komposisi bisa juga persentase tiap bahan pakan yang bakal digunakan supaya sesuai dengan standart gizi pakan yang bagus.

Dalam menyusun ransum pakan ternak/sapi, salah satu yang wajib dipertimbangkan merupakan persoalan harga pakan. Tak ada gunanya pakan yang baik dengan kandungan nutrisi ideal tetapi harganya mahal serta tak memenuhi syarat kualitas hemat usaha. Harga pakan yang terlalu mahal bakal memberatkan usaha peternakan itu dikarenakan anggaran pakan mencapai 30% dari keseluruhan anggaran produksi.

Harga pakan wajib bisa meng-cover kenaikan berat badan sapi jadi anggaran pembuatan bisa sesuai dengan estimasi harga penjualan. Berikut perlunya pilihan petunjuk sederhana menyusun ransum ternak yang terjangkau tetapi tetap memenuhi syarat gizi standart untuk pakan ternak.

Peternakan sapi potong di Indonesia umumnya berupa peternakan rakyat yang berintegrasi dengan pohon pangan (smallholder crop-livestock system). Umumnya peternakan sapi merupakan petani yang juga menanam beberapa komoditas pohon pangan. Kondisi tersebut mencerminkan pentingnya integrasi antara pohon pangan serta sapi. Limbah hasil pohon pangan serta perkebunan bisa berubah pakan ternak dengan membenahi kandungan nutrisinya.

Bahan Baku Pakan Asal Limbah Pertanian

Limbah Pertanian Limbah Agroindustri
Jerami padi Dedak padi
Jerami jagung Ampas tahu
Tumpi jagung Ampas pabrik roti
Jerami kedelai Bungkil kelapa
Jerami kacang tanah Kedelai afkir
Jerami kacang hijau
Kulit kacang tanah

Sumber : htttp://sulsel.litbang.pertanian.go.id

Pakan sapi potong umumnya berupa hijauan bisa juga bahan pakan sumber serat. Faktor ini dikarenakan dalam alat pencernaan ternak mengikutkan aktifitas mikroba yang tersedia didalam rumen. Oleh itu dikarenakan itu, dengan pengolahan limbah pertanian dalam bentuk complete feed bisa menolong dalam mememnuhi kebutuhan ternak itu dikarenakan complete feed adalah pakan lengkap untuk ternak ruminansia yang memeliki kandungan zat-zat makanan disusun serta diformulasi dengan-cara lengkap serta sebanding sesuai dengan kebutuhan ternak.

Pembuatan complete feed berbahan dasar limbah pertanian ini butuh disosialisasikan terhadap peternak supaya peternak sanggup menyediakan pakan untuk ternaknya dengan-cara mandiri jadi usahanya bisa berkembang biak serta mendapatkan pendapatan yang besar.

Bahan Pakan Ternak dan Sumber Nutrisinya:

  • Bahan Sumber Energi (dedak padi, jagung, molasses)
  • Bahan Sumber Serat (kulit kacang tanah, tongkol jagung, tumpi jagung)
  • Bahan Sumber Protein (bungkil kelapa, tepung ikan)
  • Bahan Sumber Mineral (gram dapur, tepung keong, dsb)

Ciri Bahan Pakan Yang Baik:

  • Bahan yang dipilih mudah didapat
  • Kontinyu ketersediaannya
  • Tidak beracun
  • Palatabel/diskusi ternak

Persentase Bahan Pakan Penyusun Ransum : Dedak padi, tumpi jagung, bungkil kelapa, jagung giling, molases dan mineral mix.

Formulasi Pakan Penguat (Konsentrat)

Bahan Komposisi (%)
Dedak Padi 29
Bungkil Kepala 35
Jagung Giling 15
Tumpi Jagung 15
Mineral Mix 0,6
Molases 5
Total 100

Cara Pencampuran Pakan :

  • Bahan ditimbang sesuai formulasi 
  • Bahan ditumpuk merata paling bawah komposisinya
  • Kemudian dicampur dengan-cara merata (proses pencampuran dapat menggunakan_dengan sekop,bisa juga menggunakan_dengan mixer)
  • Pakan Siap diaplikasi ke ternak

Pakan disusun dari bahan-bahan lokal yang gampang diperoleh petani. Pakan terjangkau dibangun mengandung protein sebesar 15%. (Harga pakan bakal amatlah tergantung dari harga masing-masing bahan pakan penyusunnya yang biasanya harganya tak sama antara daerah yang satu dengan daerah yang lainnya.   Pakan yang telah sehingga diberikan keternak sebesar 1-2  % dari Bobot badan.

(Sumber : htttp://sulsel.litbang.pertanian.go.id)

Loading...

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here