Cara Pemijahan Ikan Gabus Dengan Baik Dan Benar

Cara Pemijahan Ikan Gabus Dengan Baik Dan Benar

0
SHARE

Kabartani.com-Alangkah baiknya sebelum kita melakukan Pemijahan Ikan Gabus, terlebih dahulu kita siapkan Induk jantan dan betina, dimana Induk – induk tersebut harus yang berkuwalitas baik, sehat dan tidak berpenyakit.

Cara mengembangbiakan Ikan gabus dengan cara pemijahan dinilai sangat tepat karena banyak dilakukan oleh petani Ikan Gabus.

Dalam langkah pemijahan ini, faktor Induk menjadi penentu berhasil atau tidaknya proses pemijahan tersebut. dengan kondisi Induk betina yang sehat maka akan menghasilkan butir telur dengan jumlah yang sangat banyak, selain itu didukung Induk jantan yang sehat maka kemampuan Induk jantan untuk membuahi butir telur betina menghasilkan hasil yang maksimal.

Sebelum anda melakukan proses pemijahan terlebih dahulu anda harus mempersiapkan bak beton atau bak fiberglass yang dipakai untuk tempat pemijahan.

kabartani.com-bak-fiberglass-

Untuk ukuran bak beton atau bak fiberglass adalah sebagai berikut 7x4x2 meter PxLxT kemudian keringkan bak tersebut  selama 3 sampai 4 hari. Setelah beberapa hari lalu isi bak beton atau fiberglass tersebut dengan  air  hingga 50 cm dan  biarkan air mengalir pada saat pemijahan terjadi.

kabartani.com-bak-beton

Untuk membantu eksitasi pemijahan, alangkah baiknya kolam ditutup dengan tanaman eceng gondok, karena hal tersebut sangat berpengaruh dalam proses eksitasi pemijahan.

Setelah mempersiapkan media pemijahan tersebut langkah berikutnya adalah memasukkan 30 indukan jantan dan 30 indukan betina ke dalam bak tersebut dan biarkan proses pemijahan terjadi.

Selama proses pemijahan terjadi, anda harus selalu mengontrol kolam setiap hari, dan setelah indukan betina  bertelur dan sudah dibuahi induk jantan, maka segera  ambil telur dengan menggunakan sekupnet halus. Pindahkan telur tersebut ditempat penetasan,. induk Betina  biasanya dapat menghasilkan telur mencapai 10.000 hingga 11.000 butir telur.

Demikianlah sedikit gambaran tentang pemijahan ikan gabus semoga dapat bermanfaat.