Cara Pengendalian Hama Kepik Hitam Pada Tanaman Padi

Cara Pengendalian Hama Kepik Hitam Pada Tanaman Padi

0
SHARE

KABARTANI.COM-Padi merupakan tanaman komunditi di Indonesia karena perannya sangat penting sebagai kebutuhan pokok sehari-hari, padi diolah menjadi beras dan dimasak menjadi nasi. kita bisa bayangkan jika tanaman padi yang kita budidaya terserang hama yang bisa merusak tanaman padi kita, jika tanaman padi yang kita tanam rusak atau tidak memberi hasil maka kita pasti akan rugi.

Berikut Cara pengendalian hama kepik hitam yang sering menyerang tanaman padi,sebelum kita masuk pada pembahasan pengendalian hama kepik hitam pada tanaman padi alangkah baiknya jika kita mengetahui siklus hidup, gejala serangan, hingga cara pengendalian hama kepik hitam tersebut.

siklus hidup hama kepik hitam,Hama kepik hitam tergolong pada spesies Halmus Chalybeus siklus hidupnya mulai dari telur dengan ukuran panjang 1 mm, lebar 0,3 mm telur tersebut akan menetas pada 4-6 hari kemudian,setelah telur menetas maka telur tersebut akan menjadi Nimfa yang berbentuk ramping dan berwarna hitam yang serupa dengan serangga dewasa,.

Nimfa biasanya terdiri dari 5 Instar dan Instar yang pertama biasanya berwarna merah.kemudian Nimfa tersebut akan tumbuh dewasa dengan ukuran panjang 7-7.5 mm yang memiliki bagian tubuh mulai dari femur tungkai depan membesar berduri sebanyak 8 buah sedangkan tungkai tengahnya berukuran lebih kecil dibanding dengan tungkai belakangnya. lama hidup kepik hitam dewasa yaitu  6-12 hari

Baca Juga :

Gejala yang ditimbulkan jika tanaman padi terserang Hama Kepik Hitam

kabartani-com-kepik

Terlebih dahulu hama kepik hitam menyerang tanaman padi dengan cara menusukkan stiletnya ke dalam bulir padi dan menghisap cairan gabah. yang akan mengakibatkan bulir padi tersebut akan menjadi coklat dan jika bulir padi sudah menjadi gabah dan gabah tersebut digiling menjadi beras biasanya beras banyak yang hancur dan berwarna kehitaman, dan jika beras tersebut dimasak menjadi nasi rasanya pahit.

Cara Mengendalikan Hama Kepik Hitam adalah dengan cara 

  • Melakukan teknik bercocok tanam yang baik dan benar.
  • Lakukan pengolahan tanah dengan baik dan benar
  • Berikan pupuk tanaman dengan ukuran yang sesuai
  • Lakukan Pola penanaman tanaman dengan baik dan benar
  • Lakukan pengaturan jarak tanaman lebih baik dibuat agak lebar hal ini bertujuan untuk mencegah perkembangan hama kepik hitam
  • Lakukan pola tanam yang bervarietas seperti pola tanam padi – palawija
  • Lingkungan yang lembab disekitar tanaman juga dapat memicu perkembangan hama kepik hitam jadi selalu atur kelembaban dengan cara mengatur pengairan secara berkala.

Demikianlah cara pengendalian Hama Kepik Hitam pada tanaman padi semoga yang sedikit ini dapat membantu petani kita khususnya petani padi, agar nanti mestinya mendapatkan hasil panen melimpah sesuai dengan yang diharapkan.