Hortikultura Buah-Buahan Cara Pengolahan Manisan Kulit Jeruk Pamelo

Cara Pengolahan Manisan Kulit Jeruk Pamelo

0
Bagikan

Kabartani.com – Manisan adalah jenis panganan yang diawetkan dengan gula berkadar tinggi, tujuannya yaitu selain untuk memberikan rasa manis juga untuk mencegah tumbuhnya mikroorganisme (jamur, kapang) sehingga dapat lebih lama disimpan.

Kulit buah pamelo selama ini belum dimanfaatkan secara optimal dan umumnya hanya dibuang atau dijadikan mainan anak-anak. Melalui proses pengolahan sederhana, kulit buah ini dapat diolah menjadi manisan yang enak dan bergizi.

Kandungan naringin pada manisan kulit pamelo dapat menurunkan kolesterol, selain itu manisan ini juga mengandung protein (2,6%) dan vitamin C (4 mg/100g).

Di daerah sentra produksi pamelo yaitu Kabupaten Magetan, pembuatan manisan kulit pamelo menjadi alternatif dalam memanfaatkan buah muda yang gugur atau afkiran yang tidak laku dijual. Karena menguntungkan secara finansial, usaha ini berkembang menjadi industri kecil yang terorganisir.

Teknik pembuatannya adalah sebagai berikut (untuk 2 kg potongan kulit):

Gambar 1. Proses pengupasan kulit jeruk pamelo
  • Kupas kulit luar pamelo yang berwarna hijau, kemudian belah menggunakan pisau,
  • Kupas dan ambil kulit bagian dalam yang berwarna putih kemerahan,
  • Potong-potong dengan ukuran 1 x 5 cm atau sesuai selera, kemudian dicuci menggunakan air bersih,
  • Tambahkan garam sebanyak 0,5 kg untuk menghilangkan rasa sengir, beri sedikit air dan diamkan selama 12 jam,
  • Peras air garam dari kulit, lalu cuci bersih,
  • Kemudian rebus dalam 6 liter air dan tambahkan 3 kg gula pasir. Aduk hingga mendidih, biarkan 30 menit sambil terus diaduk,
  • Angkat, biarkan selama 4 jam kemudian tiriskan,
  • Setelah tiris, rebus kembali dalam larutan gula, kemudian rendam lagi 2 hari 1 malam,
  • Tiriskan, kemudian oven dengan suhu 50-55°C minimal 8 jam, atau dijemur di terik matahari hingga kering,
  • Manisan kulit jeruk pamelo pun siap disajikan atau dikemas untuk dijual.
Gambar 2. Proses pengeringan manisan pamelo

Tips Penting

Agar rasa dan penampilan manisan lebih baik, kegiatan merebus dalam air gula dilakukan secara bertahap, agar gula dapat terserap dengan lebih baik. Pemberian dapat diulang sesuai tingkat kemanisan yang diinginkan, misalnya dengan perebusan pertama dalam larutan gula 35%, kemudian meningkat menjadi 40%, 45% dan 50%. Untuk mengecek kadar gula pada larutan dapat menggunakan refraktometer.

Agar warna kulit menjadi lebih bersih (putih) dapat ditambahkan sitrunsir/asam sitrat sebanyak 1 sendok teh (kurang lebih 2 gram) pada saat merebus. Bahan ini juga berfungsi untuk menghambat pertumbuhan mikroba perusak, karena dapat menurunkan pH menjadi 3,8 – 4,4.

Jika diperlukan dapat ditambahkan pengawet berupa sodium benzoat,

Bila yang digunakan adalah kulit buah pamelo yang masih muda, setelah pencucian dengan larutan garam, beri larutan cuka dengan konsentrasi 1% (10 cc dalam 1 liter air), aduk sebentar kemudian cuci hingga bersih. Pemberian asam cuka ini berfungsi untuk mempercepat hilangnya rasa getir akibat getah pada kulit buah.

Simak juga :

Sumber : Suhardi dan Retno Pangestuti (Lolitjeruk, 2004)

Loading...

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here