Cara Perawatan Ikan Nila Merah Menurut Dadang Kusdinar

Cara Perawatan Ikan Nila Merah Menurut Dadang Kusdinar

0
SHARE
Cara Perawatan Ikan Nila Merah Versi Dadang Kusdinar

KABARTANI.COM – Menurut Dadang Kusdinar, salah satu pembudidaya ikan nila merah di Desa Tanggulun Barat, Kecamatan Kalijati, Subang, Jawa Barat, yang sudah memiliki pengalaman selama 10 tahun dalam membudidayakan ikan nila merah, kendala yang sering menjadi momok bagi para petani nila merah yaitu perubahan cuaca yang fluktuatif.

Menurut Dadang, perubahan cuaca secara tiba-tiba dari panas berubah menjadi hujan deras atau sebaliknya dapat mengubah suhu dan pH air yang berdampak pada lambatnya pertumbuhan ikan, serta ikan nila mudah mengalami stres sehingga nafsu makan berkurang.

Lanjut Dadang, ikan nila dapat tumbuh baik dalam kondisi kolam bersuhu antara 25-28 derajat Celcius dan pH sekitar 6-8. Jika di bawah atau di atas suhu tersebut maka dapat memperlambat perkembangan ikan nila merah. Selain faktor cuaca, kendala lain yang sering melanda Dadang yaitu dampak kematian nila selama pengiriman ke konsumen.

Mencegah hal itu terjadi, Dadang memakai jasa pengiriman kargo. Untuk mengurangi kematian ikan nila, Dadang memasukan ikan nila merahnya ke dalam plastik berkapasitas 100 liter air yang sudah diisi dengan oksigen. Menurut Dadang, dengan cara tersebut, ikan bisa bertahan hidup sampai 12 jam. Agar kepercayaan konsumennya meningkat, biasanya Dadang memberikan garansi selama 1 minggu.

“Cara itu saya lakukan selain mendapat kepercayaan konsumen juga untuk memenangi persaingan di bisnis nila merah,” jelas Dadang.

Memasuki musim hujan yang saat ini tengah terjadi, Dadang pun sudah berancang-ancang untuk mencegah serangan penyakit yang menyerang ikan nila merahnya. Dadang hanya menggunakan cara sederhana yaitu dengan menutup kolamnya dengan waring untuk meminimalisir tetasan air hujan jatuh ke permukaan kolam.

Dadang pun sengaja tidak menggunakan obat-obatan khusus dalam pembudidayaan ikan nila merahnya karena ditakutkan akan menjadi ketergantungan dan menimbulkan kendala baru.

“Kendala yang sudah ada saja saya sering kewalahan mengatasinya, makanya saya nggak mau menimbulkan yang baru,” pungkas Dadang.

Itulah beberapa tips Cara Perawatan Ikan Nila Merah Versi Dadang Kusdinar, semoga bermanfaat. Jika anda ingin menambahkan, jangan ragu untuk berbagi ilmu, anda bisa mengutarakan pendapat anda dengan berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.