Cara Sederhana Membuat EM TANI (EM Buatan Sendiri)

Cara Sederhana Membuat EM TANI (EM Buatan Sendiri)

1
SHARE

KABARTANI.Com-Dalam pertanian Organik tentu kita tidak asing dengan yang namanya EM, tapi tahu kah anda apa itu EM? Effective Microorganisme atau yang kita kenal dengan EM ialah suatu bahan aktifator dalam pembuatan berbagai macam pupuk organic. EM merupakan hasil fermentasi dengan bantuan microorganism yang mampu dimanfaatkan langsung untuk meningkatkan kesuburan tanah.

Pembuatan EM ini sangatlah mudah sehingga kita tidak perlu membeli EM di pasaran. EM buatan sendiri disebut EM TANi, diaman EM TANI ini ada berbagai macam jenisnya. Berikut cara mudah membuat EM TANI:

  1. EM TANI 1

Bahan: Susu murni 1 liter, Terasi udang 250 gram, Isi usus ayam atau kambing secukupnya, bekatul 1kg, nanas 1kg, gula pasir, air bersih 10 liter.

Cara Membuat: Parut/blender nanas hingga halus, kemudian hancurkan terasi. Campurkan parutan nanas, terasi yang telah dihancurkan, gula pasir, bekatul dan air. Setelah itu rebus hingga mendidih, setelah mendidih bahan yang sudah direbus dituang ke ember biarkan dingin. Setelah dingin tambahkan susu da nisi usus aduk hingga rata. Tutup rapat ember diamkan. Setelah 12 jam akan muncul gelembung-gelembung dipermukaan jika campuran semua bahan sudah lengket dan mengental EM siap digunakan.

BACA JUGA!!!

  1. EM TANI 2

Bahan:buah-buahan yang sudah masak, gula jawa 1kg, air bersih 1liter

Cara membuat: Buah-buahan dihaluskan bisa diparut atau diblender, lalu kita peras dan disaring untuk diambil sarinya. Setelah itu cairkan gula merah dengan air. Kemudian campurkan sari buah dengan gula merah cair dengan perbandingan takaran 1:1. Simpan larutan dalam wadah gerabah dan ditaruh di tempat yang sewjuk selama 15 hari, EM sudah siap digunakan.

  1. EM TANI 3

Bahan: Air cucian beras 1 liter, EM Tani 100 cc, cuka 100cc, air tape 300cc, gula pasir.

Cara membuat: semua bahan diatas dicampur jadi satu, taruh campuran bahan tersebut diwadah yang tertutup. Kocok bahan setiap pagi dan sore hari. Dalam waktu 15 hari EM sudah jadi dan siap digunakan.

EM Tani yang terakhir ini mempunyai kelebihan dapat digunakan sebagai pengendali hama, ulat, wereng, dan serangga lain. Cara aplikasi semprotkan bahan ketanaman dengan dosis 1 sendok makan EM : 1 liter air.