Hortikultura Buah-Buahan Cara Stek Pucuk Jambu Air Dengan Menggunakan Media Floral Foam (Oasis)

Cara Stek Pucuk Jambu Air Dengan Menggunakan Media Floral Foam (Oasis)

4
Bagikan

KABARTANI.COM – Cara Stek Pucuk Jambu Air Dengan Menggunakan Media Floral Foam (Oasis). Sobat perbanyakan jambu air dengan cara stek dapat dilakukan dengan 2 macam cara yaitu stek batang dan stek pucuk. Untuk stek batang media yang digunakan untuk menstek adalah menggunakan tanah sedangkan untuk stek pucuk kita wajib menggunakan floral foam.

Kali ini akan kami coba jelaskan sedikit tentang bagaimana cara Stek Pucuk tanaman jambu air menggunakan media Floral Foam.

1.Langkah pertama adalah pilih pucuk ranting jambu air madu yang daunnya sudah memiliki warna hijau tua dan dorman dengan ruas ranting masih berwarna hijau karena pucuk jambu air madu pada fase ini merupakan bahan stek yang paling ideal, relative tahan layu dan pembentukan akarnya cepat. Hal ini karena cadangan makanan pada pucuk sudah cukup banyak untuk menunjang proses regenerasi sel, sementara daya regenerasinya juga masih tinggi karena jaringan ruasnya belum tua.

FB_IMG_1497573175412

2. Jangan ambil pucuk dengan daun yang mulai menguning karena akan rontok selama dalam proses penyetakan.

3. Berikutnya adalah memotong batang/ranting 2-3 ruas “pasang daun” pucuk yang dijadikan sebagai bahan stek cukup 2-3 ruas untuk menyeimbangkan kemampuan daya serap air oleh pangkal stek dengan kebutuhan air pada bahan stek. Bila daya serap air tidak mencukupi akan menyebabkan stek layu dan gagal menumbuhkan akar.

4. Buang 2/3 bagian daun dengan jalan memotongnya menggunakan gunting, pemotongan daun ini bertujuan supaya kebutuhan air dengan kemampuan daya serap air oleh stek seimbang. Daun jangan dipotong habis akan menghilangkan kemampuan fotosintesisi dari stek yang akan berakibat pada lambatnya pembentukan akar bahkan stek dapat busuk karena kehabisan energi “cadangan makanan”. Lalu rendam oasis dalam air yang sudah diberikan Vitamin B1 oasis cukup diletakkan diatas permukaan air dan biarkan air meresap dengan sendirinya sampai seluruh bagian oasis terbenam. Jangan menekan oasis untuk mempercepat terbenam dalam air karena akan mengakibatkan oasis tidak basah secara sempurna.

5. Potong oasis sesuai dengan ukuran diameter stek. Oasis dipotong-potong dengan ukuran yang disesuaikan dengan besarnya stek.

6. Tancapkan stek sedalam 3/4 media. Stek ditancapkan ke potongan oasis sedalam 2/3 panjang potongan oasis. Selanjutnya susun stek dalam tray.

FB_IMG_1497573182436

7. Stek disusun dalam tray dengan posisi daun yang tidak saling tumpang tindih untuk menghindarkan kebusukan. Kemudian letakkan stek dalam propagation chamber.

8. Proses pembentukan akar sampai stek siap ditrasplanting atau dipindahkan pada media tanam yang telah dipersiapkan membutuhkan waktu sekitar 3-6 minggu.

FB_IMG_1497573198380

Loading...

4 KOMENTAR

  1. Saya mw nnyak, setelah oasis di rendam dengan air campuran pitamin B1, apakah batang stek bawah perlu di kikis, dan apa harus dioles obat perangsang akar lg. Terimakasih

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here