Sarana & Prasarana Alat & Mesin Pertanian Cara Tepat Mengukur pH Tanah Hasil Akurat

Cara Tepat Mengukur pH Tanah Hasil Akurat

0
Bagikan

Kabartani.com – Pengukuran pH tanah dapat dilakukan secara tradisional dan modern. Secara tradisional biasanya menggunakan tanaman tertentu sebagai indikatornya, seperti kunyit, dan tanaman senggani atau kemanden.

Namun cara tersebut memang belum terukur tepat. Sebab, hanya mengetahui tanah itu asam atau tidak. Berapa tingkat keasamannya tidak terukur, sehingga masih sulit dalam pemberian perlakuan pada tanah.

Karena itu perlu cara yang lebih terukur. Tentunya dengan menggunakan alat modern, baik menggunakan kertas lakmus atau pemakaian alat pH meter.

1. Menggunakan Kertas Lakmus atau pH Indikator

Langkahnya dengan mengambil sampel tanah dari keempat ujung titik lahan ditambah satu titik dari tengah lahan, kemudian dicampur rata. Selanjutnya campur dan aduk merata menggunakan air, dengan perbandingan 1:1.

Biarkan selama 15 menit, sehingga air dan tanahnya terpisah (mengendap) dalam wadah gelas. Lalu masukkan ujung kertas lakmus atau pH indikator tadi selama 1 menit. Usahakan jangan mengenai tanah.

Setelah warna kertas lakmus stabil segera angkat. Lalu cocokkan warna yang ada pada kertas lakmus dengan bagan warna. Kita akan melihat tingkat keasaman tanah yang diukur, berada pada skala pH berapa, apakah 0 atau 1, sampai dengan 7.

2. Menggunakan pH Meter

Cara kedua menggunakan pH meter dengan memasukkan ujung alat pH meter pada keempat ujung titik lahan ditambah satu titik dari tengah lahan. Hasil yang diperoleh langsung dalam bentuk angka yang sudah dirata-ratakan.

Skala keasaman tanah bisa dilihat secara langsung, sehingga mempermudah pemberian dosis dolomit atau kapur pada lahan. Secara umum, setiap kekurangan 1 tingkat dari pH 7 (netral) membutuhkan 2 ton dolomit setiap hektar.

Jika pH tanah 5, memberikan dolomit pada lahan sekitar 4 ton/ha. Pemberian dolomit dilakukan sebelum tanaman ditanam atau benih ditabur.

Berikut ini : Cara Tradisional Mengukur Tingkat Keasaman (pH) Tanah Menggunakan Kunyit

Loading...

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here