Cara Tradisional Mengukur Tingkat Keasaman (pH) Tanah Menggunakan Kunyit

Cara Tradisional Mengukur Tingkat Keasaman (pH) Tanah Menggunakan Kunyit

0
SHARE

KABARTANI.COM – Cara Tradisional Mengukur Tingkat Keasaman (pH) Tanah Menggunakan Kunyit. Di jaman yang serba modern seperti saat ini tentu kita sudah tidak lagi kesulitan dalam mengukur tingkat keasaman tanah, kita bisa menggunakan kertas pH indikator ataupun menggunakan alat pH meter.

Tapi sebenarnya dengan cara tradisional pun kita juga bisa mengetahui tingkat keasaman tanah ini. Kita bisa mengukur tingkat keasaman tanah menggunakan kunyit, tentu mengukur tingkat keasaman tanah dengan menggunakan kunyit ini tidak bisa sampai mengukur berapa pH tanah, dengan kunyit ini kita hanya bisa menentukan apakah tanah asam atau basa saja.

Berikut Cara Mengukur Tingkat Keasaman Tanah Menggunakan Kunyit:

  1. Bahan yang diperlukan hanyalah kunyit atau kunir, berikut ini langkah-langkahnya:
  2. Ambil kunyit sebesar jari telunjuk
  3. Potong jadi dua
  4. Salah satu potongan kunyit tadi, masukkan kedalam tanah basah yang akan kita ukur pH nya
  5. Tunggu sampai kira-kira sengah jam (30 menit)
  6. Ambil kunyit tesebut dan lihat warna bagian potongan kunyit tersebut

Jika warna bagian yang terpotong tadi pudar berarti tanah kita asam. pH tanah kita netral jika hasil potongan tadi berwarna tetap cerah. Akan tetapi jika warna kunyit tadi biru berarti tanah kita cenderung basa. Jika warna kunyit menjadi pudar, maka dapat dipastikan lahan tersebut memiliki kadar keasaman yang tinggi, pH di bawah 7. Jika warna kunyit tetap, pH tanahnya netral, mendekati 7. Sedangkan, jika warna kunyit menjadi biru, maka kadar keasaman tanah tersebut rendah, pH di atas 7.