Ciri – ciri Bibit Ikan Lele Yang Baik Untuk Dibudidaya

Ciri – ciri Bibit Ikan Lele Yang Baik Untuk Dibudidaya

0
SHARE

KABARTANI.COM – Ciri – ciri Bibit Ikan Lele Yang Baik Untuk Dibudidaya, Maraknya budidaya ikan lele yang dilakukan oleh para petani ikan lele, pasalnya kebutuhan akan lele pada saat ini meningkat dengan pesat, mengingat hal ini banyak bermunculan pembudidaya ikan lele, guna untuk mencukupi kebutuhan ikan lele tersebut.

Kesuksesan bisnis ikan lele sangat bergantung pada kualitas bibit yang dipilih, semakin baik kualitasnya maka semakin kecil resiko kerugian yang akan ditanggung

bibit ikan lele termasuk salah satu faktor pendukung terpenting selain suplemen, obat-obatan, perawatan, dan pakan.

ciri-ciri bibit ikan lele yang baik secara garis besar dan dapat dianalisan secara kasat mata.

  • Memiliki Permukaan badan yang mulus dan sewarna,jika anda menemukan bibit lele yang permukaan kulitnya lecet-lecet sebaiknya jangan dibeli Semakin banyak lecet pada permukaan tubuh maka semakin tinggi resiko kematian. Benih lele yang baik memiliki warna tubuh yang sewarna dan pada umumnya berwarna cokelat tua atau hitam kemerah-merahan.
  • Bibit memiliki pergerakan yang lincah, jangan beli bibit lele yang terlihat lemas dan kurang pergerakan atau pergerakannya hanya maju mundur saja. Pilihlah bibit lele yang mempunyai pergerakan yang lincah dan aktif sangat responsif. Untuk mengetahui responsif bibit lele adalah dengan memasukkna ujung jari ke wadah penampung, atau mencemplungkan batu, jika bibit lele tersebut aktif maka mereka akan sangat respon terhadap tindakan tersebut.
  • Kita harus perhatikan kelengkapan dari bagian tubuh benih lele tersebut , adapun bagian-bagian tubuh bibit lele diantaranya 2 pasang sirip bawah, sirip punggung sepanjang badan, sungut yang lengkap, Semakin sempurna bagian-bagian tubuh bibit lele maka semakin baik nilai bibit tersebut. Kita harus teliti ketika membeli bibit lele jangan membeli bibit yang cacat atau ada bagian dari tubuhnya tidak sempurna.
  • Pilihlah Bibit lele yang mampu bergerak melawan arus yang lembut, cara menentukan adalah dengan memiringkan wadah secara perlahan, jika secara umum atau sebahagian besar bergerak melawan arus yang tercipta maka dapat disimpulkan bibit tersebut dalam keadaan baik.

Baca Juga :

Dengan demikian, jika kita akan memulai usaha budidaya ikan lele, kita harus benar-benar teliti dengan bibit yang kita pilih, karena bibit yang baik dapat mempengaruhi keberhasilan budidaya ikan lele nantinya.