Ciri-Ciri Pupuk Organik Cair Yang Bagus

Ciri-Ciri Pupuk Organik Cair Yang Bagus

1
SHARE
Ciri-Ciri Pupuk Organik Cair Yang Bagus-Kabartani.com

KABARTANI.COM – Budidaya tanaman secara organik semakin diminati oleh masyarakat Indonesia. Hal ini dipengaruhi meningkatnya kesadaran petani akan pentingnya bahan pangan yang diolah secara organik.

Selain bisa diaplikasikan dalam pertanian skala besar, budidaya tanaman organik juga sangat cocok diaplikasikan untuk tanaman berskala kecil, misalnya kebun, pekarangan rumah, halaman kosong dan sebagainya.

Tak hanya tanaman pangan saja yang menggunakan model organik, tanaman hias juga bisa diaplikasikan menggunakan model organik. Mengingat hasil penanaman dengan cara organik akan lebih bagus dan menguntungkan. Salah satu faktor penting keberhasilan dalam budidaya tanaman organik adalah penggunaan pupuk organik yang bagus.

Semakin meningkatnya permintaan akan pupuk organik ternyata tidak dibarengi dengan standarisasi pupuk organik yang baik dan berkualitas. Hal ini dikarenakan banyaknya produsen pupuk organik abal-abal yang tidak memperhatikan kualitas dan kandungan yang ada dalam pupuk organik buatannya.

Di pasaran saat ini banyak beredar pupuk organik dalam bentuk padat dan cair. Untuk itu, agar anda tidak tertipu ketika membeli pupuk organik berkualitas, anda perlu mengenali ciri-ciri pupuk organik yang bagus.

Pupuk organik cair merupakan pupuk yang fleksibel untuk diaplikasikan, karena bisa diemprotkan pada daun maupun di siramkan melalui akar.

Berikut ini ciri-ciri Pupuk Organik Cair yang bagus :

  • Mengandung agensia hayati (mikroorganisme) yang menguntungkan bagi tanaman, terutama agensia hayati pengikat Nitrogen dan pengurai Phospat dan kalium.
  • Mengandung Unsur hara makro terutama NPK, karena ketiga unsur tersebut merupakan unsur hara yang wajib ada dan dibutuhkan tanaman cukup banyak.
  • Mengandung unsur hara mikro, karena unsur hara mikro sangat diperlukan tanaman walaupun walaupun jumlahnya sedikit.
  • Mengandung hormon atau ZPT.
  • Mencantumkan kandungan C organiknya pada kemasannya.
  • Biasanya mencantumkan tingkat keasamannya (pH nya) pada kemasannya.
  • Pupuk organik cair yang bagus akan mencantumkan ijin resmi dari kementrian pertanian, biasanya akan tercantum dalam kemasannya (merupakan nomor ijin dari surat yang dikeluarkan kementrian pertanian )
  • Pupuk organik cair yang bagus akan memiliki harga jual yang realistis (tidak terlalu mahal).

Baca juga Cara Mengetahui Pupuk Organik Padat Yang Berkualitas

Itulah sedikit informasi mengenai Ciri-Ciri Pupuk Organik Cair Yang Bagus, semoga bermanfaat bagi sobat tani sekalian. Terima kasih.